SOAL UKK PKn KELAS 7 SMP

ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                    : VII ( Tujuh )
Hari / Tanggal      : Sabtu, 05 Juni 2010
Waktu                   : 10.00 – 11.30 ( 90 menit )
PETUNJUK UMUM :
1.    Tulislah terlebih dahulu Nomer Peserta Tes dan Nama Kamu pada Lembar Jawab yang tersedia.
2.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Kamu mengerjakan.
3.    Laporkan kepada Pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas atau rusak, atau jumlah soal kurang.
4.    Dahulukan menjawab soal-soal yang Kamu anggap lebih mudah.
5.    Jumlah soal 55 ( lima puluh lima ) butir, terdiri atas 50 butir obyektif dan 5 butir essay.
6.    Berilah tanda silang ( x ) pada salah satu huruf jawaban yang paling benar pada Lembar Jawab.
7.   Apabila ada jawaban Kamu yang salah dan ingin diperbaiki, berilah dua garis mendatar pada jawaban itu, kemudian berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang Kamu anggap benar.
Contoh :
                 Sebelum dibetulkan :     A   B   C   D
                 Sesudah dibetulkan :     A   B   C   D
8.    Apabila masih ada waktu dan sudah selesai mengerjakan, telitilah sekali lagi pekerjaan Kamu ( termasuk Nomer Peserta Tes dan Nama ).
I. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X)  PADA HURUF a, b, c, atau d PADA LEMBAR JAWAB YANG TERSEDIA !


1.    Instrumen nasional HAM dibuat dengan maksud ...
a.    melindungi HAM
b.    meningkatkan wibawa pemerintah
c.    menjaga keutuhan negara
d.    menuntut pelanggar HAM
2.    HAM yang dijamin di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama adalah ...
a.    pendidikan
b.    kemerdekaan
c.    kesejahteraan
d.    keadilan
3.    Di dalam UUD 1945, pasal yang secara khusus mengatur tentang HAM adalah pasal ...
a.    27
b.    28
c.    29
d.    30
4.    Instrumen nasional HAM yang lebih terperinci dalam menjamin HAM adalah ...
a.    UUD 1945
b.    UU No. 9   Tahun 1988
c.    UU No. 39 Tahun 1999
d.    UU No. 32 Tahun 2004
5.    Penegakan HAM yang dilakukan di Inggris pada tahun 1215 melahirkan ...
a.    Bill of Rights
b.    Magna Charta
c.    Declaration of Independence
d.    Habeas Corpus
6.    Di bawah ini yang termasuk The Four Freedom adalah ...
a.    hidup kaya
b.    berorganisasi
c.    berpendapat
d.    berpendidikan
7.    Kapan Declaration des Du et Du Cetoyen           ( Piagam Hak Asasi Manusia dan Warga Negara ) sebagai hasil revolusi Perancis dilahirkan ...
a.    tanggal 26 Agustus 1489
b.    tanggal 27 Agustus 1489
c.    tanggal 28 Agustus 1489
d.    tanggal 29 Agustus 1489
8.    Puncak sejarah penegakan HAM dunia adalah lahirnya ...
a.    Magna Charta
b.    Bill of Rights
c.    Declaration of Independence
d.    Universal Declaration of Human Rights 
9.    Penandatanganan puncak penghargaan HAM sedunia yang oleh PBB dijadikan hari HAM sedunia, yaitu pada tanggal ... 
a.    10 Desember
b.    11 Desember
c.    12 Desember
d.    13 Desember
10.  Isi piagam Magna Charta, kecuali ...
a.    membatasi kekuasaan raja agar tidak sewenang-wenang
b.    menjamin bahwa HAM lebih penting dari pada kedaulatan raja
c.    larangan penahanan, penghukuman, dan perampasan benda secara sewenang-wenang
d.    larangan membayar pajak
11.  Lahirnya perundang-undangan HAM nasional terutama dilatar belakangi hal-hal berikut ini, kecuali ...
a.    komitmen untuk melaksanakan UDHR
b.    desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
c.    melaksanakan amanat Ketetapan MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM
d.    supaya HAM perorangan ( individualisme ) tergeser paham kekeluargaan ( kolektivisme ) 
12.  Pelanggaran HAM dapat dilakukan oleh ...
a.    Pemerintah atau masyarakat
b.    Perusahaan-perusahaan
c.    Lembaga Swadaya Masyarakat
d.    Lembaga Bantuan Hukum
13.  Jenis pelanggaran HAM dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kejahatan ... 
a.    trafiking dan rekonsiliasi
b.    genosida dan kemanusiaan
c.    fisik dan mental
d.    kompensasi dan rehabilitasi
14.  Berikut ini termasuk kejahatan kemanusiaan, kecuali ...
a.    pemusnahan
b.    perbudakan
c.    membunuh anggota kelompok
d.    penyiksaan
15.  Suatu perbuatan yang dilakukan dengan maksud menghancurkan/memusnahkan seluruh/sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, atau kelompok agama disebut ...
a.    pelanggaran berat HAM
b.    pembunuhan masal
c.    kejahatan kemanusiaan
d.    kejahatan genosida  
16.  Upaya yang dilakukan oleh negara Indonesia untuk menegakan HAM, kecuali ...
a.    tidak mengadili pihak-pihak yang melanggar HAM
b.    menyelesaikan setiap masalah HAM secara adil
c.    membuat aturan-aturan hukum tentang HAM
d.    membentuk lembaga-lembaga yang bertugas menegakan HAM
17.  Tindakan yang dilakukan pelanggar HAM adalah mengadili dan memberikan ...
a.    peringatan saja
b.    hukuman sesuai aturan yang berlaku
c.    sanksi tidak tegas
d.    sanksi moral
18.  Tindakan bagi korban adalah memberikan jaminan kelangsungan hidup yaitu perlindungan ...
a.    amnesti dan grasi
b.    amnesti dan kompensasi
c.    kompensasi dan rehabilitasi
d.    kompensasi dan grasi
19.  Di bawah ini yang bukan termasuk lembaga perlindungan HAM adalah ...
a.    Komnas HAM
b.    Pengadilan HAM
c.    Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
d.    Piagam HAM
20.  Salah satu tujuan dibentuknya Komnas HAM adalah ...
a.    meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM
b.    memantau HAM
c.    penyuluhan HAM
d.    pengkajian dan penelitian HAM
21.  Tujuan dibentuknya Pengadilan HAM adalah ...
a.    membantu mengembangkan kondisi masyarakat
b.    mengadili perkara pelanggaran HAM
c.    menyebarluaskan wawasan HAM
d.    memberikan saran dan rekomendasi
22.  Jaminan HAM di Indonesia diatur dalam UUD 1945 yaitu pada Bab XA pasal ...
a.    23 A – 23 G
b.    24 A – 24 C
c.    28 A – 28 J
d.    30 ayat (1) – (5)
23.  Pasal 29 UUD 1945 mengatur tentang penegakan HAM dalam hal ...
a.    ikut aktif dalam kegiatan politik dan pemerintahan
b.    kebebasan mengeluarkan pendapat
c.    hak untuk hidup layak bagi kemanusiaan
d.    kebebasan memeluk agama dan menganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa   
24.  Pasal berapa dalam UUD 1945 yang mengatur tentang persamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan ...
a.    27 ayat (1)
b.    27 ayat (2)
c.    28
d.    29 ayat (2)
25.  Berikut ini yang bukan merupakan contoh perilaku yang menjunjung tinggi HAM adalah ...
a.    menghargai hak milik orang lain
b.    menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan
c.    tidak semena-mena terhadap orang lain
d.    menghormati hak orang lain  
26.  Salah satu contoh hak asasi yang bersifat pribadi dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
a.    kebebasan dalam segala bidang kehidupan
b.    melaksanakan kewajiban kepada negara
c.    kebebasan memeluk salah satu agama
d.    menuntut apa yang diinginkan
27.  Sikap positif yang dapat dikembangkan dalam rangka mendukung dan menghargai upaya penegakan dan perlindungan HAM adalah ...  
a.    mempersilahkan orang untuk menggunakan hak asasi sebebas-bebasnya
b.    menyaksikan korban pelanggaran HAM
c.    ikut perihatin dengan banyaknya pelanggaran HAM di Indonesia
d.    menyampaikan laporan kepada pihak yang terkait jika ada pelanggaran HAM
28.  Contoh nyata pelaksanaan HAM dalam lingkup keluarga adalah ...
a.    menghormati orang tua
b.    anak minta uang saku kepada orang tua
c.    mau menang sendiri
d.    menolak dengan kasar apabila diperintah orang tua
29.  Pelaksanaan HAM disekolah dapat dilakukan dengan cara ...
a.    berteman dengan membeda-bedakan agama tertentu
b.    menaati tata tertib yang berlaku disekolah
c.    tidak menghormati pendapat teman
d.    tidak menghargai upaya bapak dan ibu guru dalam membina dan mendidik siswa disekolah
30.  Sikap menghargai upaya penegakan HAM dilingkungan masyarakat dapat ditunjukan dalam bentuk ...
a.    menggangu apabila ada pemeluk agama lain yang ingin menjalankan ibadah
b.    tidak mau mendukung kehidupan yang tertib, aman dan damai
c.    mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
d.    berbuat onar dalam masyarakat     
31.  Pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan dan sebagainya secara bebas dan bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan ...
a.    Pancasila
b.    UUD 1945
c.    Peraturan Pemerintah
d.    Peraturan perundang-undangan yang berlaku
32.  Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara setiap warga Indonesia secara perorangan atau kelompok bebas menyampikan pendapat sebagai perwujudan hak dan tanggungjawab ...
a.    sosial
b.    individual
c.    bermusyawarah
d.    berdemokrasi
33.  Menyampaikan pendapat secara tulisan dapat dilakukan dengan ...
a.    dialog
b.    diskusi
c.    pamflet
d.    pidato
34.  Berikut ini akibat dari pembatasan mengemukakan pendapat bagi pemerintah, kecuali ...
a.    hilangnya kepercayaan rakyat
b.    stabilitas nasional terganggu
c.    adanya perlawanan dari rakyat
d.    hilangnya dukungan rakyat
35.  Berikut ini merupakan akibat dari kebebasan mengemukakan pendapat bagi rakyat, kecuali ...
a.    pembangunan nasional akan terhambat
b.    kekecewaan yang dalam terhadap pemerintah
c.    pembangkangan terhadap pemerintah
d.    hilangnya kepercayaan rakyat terhadap pemerintah
36.  Menyampaikan pendapat yang tanpa batas berarti menyampaikan pendapat sebebas-bebasnya tanpa mematuhi adanya batasan-batasan yang ada. Penyampaian pendapat ini akan menyebabkan timbulnya hal-hal yang negatif. Berikut ini hal-hal negatif yang timbul karena penyampaian pendapat yang tanpa batas, kecuali ...    
a.    melahirkan suasana yang tertib, damai dan rasa aman
b.    melanggar hak dan kebebasan orang
c.    menimbulkan ancaman bahaya bagi keselamatan umum
d.    merusak rasa kebersamaan dan persatuan sebagai bangsa
37.  Perhatikan data-data berikut ini !
(1). Melahirkan suasana tidak tertib, kekacauan
       dan tidak memberi rasa aman
(2). Merusak rasa kebersamaan dan persatuan
       sebagai bangsa
(3). Terjaminnya hak-hak warga negara
(4). Terciptanya masyarakat yang tanggap dan   
       reponsif
(5). Melanggar hak dan kebebasan orang lain
Berdasarkan data diatas, yang menunjukan akibat dari penyampaian pendapat yang tanpa batas ditunjukan oleh nomer ...
a.    1, 2, 5
b.    1, 3, 5
c.    1, 4, 5
d.    2, 4, 5
38.  ’’ Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat ’’. Pernyataan tersebut tertuang dalam ...
a.    pasal 28 E ayat (1) UUD 1945
b.    pasal 28 E ayat (2) UUD 1945
c.    pasal 28 E ayat (3) UUD 1945
d.    pasal 28 E ayat (4) UUD 1945
39.  Kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum diatur dalam ...
a.    UU No. 8 Tahun 1998
b.    UU No. 9 Tahun 1998
c.    UU No. 10 Tahun 1998
d.    UU No. 11 Tahun 1998
40.  UUD 1945 memberika jaminan terhadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam ...
a.    pasal 27
b.    pasal 28
c.    pasal 29
d.    pasal 30
41.  Dalam meyampaikan pendapat dimuka umum berkewajiban dan bertanggungjawab untuk, kecuali ...
a.    menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa
b.    menjaga keamanan dan ketertiban
c.    memjaga kepentingan kelompok/etnis tertentu
d.    menghormati hak dan kebebasan orang lain
42.  Meskipun setiap orang bebas berpendapat, namun tetap terbatas, yaitu dibatasi oleh ...
a.    kebebasan orang lain
b.    pemerintah daerah
c.    kemampuan pribadi
d.    waktu dan tempat
43.  Demonstrasi merupakan salah satu perwujudan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab. Sebelum melaksanakan demonstrasi pimpinan demo terlebih dahulu harus ...
a.    mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo
b.    mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo
c.    mengajak organisasi lain untuk berdemo
d.    melaporkan dan meminta izin keaparat berwenang
44.  Di dalam tata cara menyampaikan pendapat dimuka umum bahwa sebelum kegiatan demo dilakukan, pemberitahuan dilakukan paling lambat ...
a.    1 x 24 jam
b.    2 x 24 jam
c.    3 x 24 jam
d.    4 x 24 jam
45.  Surat pemberitahuan demo harus meliputi, kecuali ...
a.    maksud dan tujuan
b.    tempat
c.    waktu dan lamanya
d.    besarnya dana yang dikeluarkan
46.  Bentuk sikap positif terhadap penggunaan hak berpendapat secara bebas dan bertanggungjawab adalah sebagai berikut, kecuali ...  
a.    berpendapat sesuai dengan aturan
b.    sopan dan tertib dalam berpendapat
c.    sikap kritis untuk kepentingan pribadi
d.    tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
47.  Contoh sikap positif siswa jika melihat unjuk rasa adalah ...
a.    acuh tak acuh saja karena tidak berkepentingan
b.    mendukung jika unjuk rasa itu positif
c.    melaporkan kepada pihak yang berwajib
d.    menonton saja dari dekat
48.  Salah satu dampak positif kemerdekaan mengeluarkan pendapat adalah ...
a.    membiasakan masyarakat berpikir kritis
b.    menyiapkan para demonstran yang pandai berunjuk rasa
c.    membiasakan polisi siap dengan berbagai kerusuhan
d.    memenuhi tuntutan agar Indonesia diterima diforum internasional 
49.  Contoh sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab dilingkungan keluarga adalah ...
a.    menghormati keputusan orang tua dalam memecahkan masalah keluarga
b.    tidak mau melaksanakan keputusan orang tua
c.    acuh tak acuh terhadap keputusan orang tua
d.    tidak mau tahu urusan keluarga 
50.  Dalam kegiatan rapat-rapat pengurus OSIS disekolah, peserta rapat diberi kebebasan dan tanggungjawab untuk menyampaikan pendapat dengan ketentuan ...
a.    sesuai dengan aturan tata tertib rapat OSIS
b.    menghargai saran dan pendapat dari peserta rapat OSIS
c.    boleh menyanggah pendapat yang diusulkan dari peserta rapat yang lainnya
d.    berani mengemukakan pendapat dengan tegas dan benar didepan rapat  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI