KISI–KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH PPKN
SMP ISLAM RPI
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
MATA PELAJARAN PPKN
50 SOAL PG
No
|
Materi
|
Indikator
|
1
|
Pengertiannorma
|
Pesertadidikdapatmenjelaskanpengertiannorma
|
2
|
Pentingnyahukumbagiwarganegara
|
Psertadidikdapatmenjelaskanpentingnyahukumbagiwarganegara
|
3
|
Norma hukum
|
Disajikan gambar perilaku norma hukum, peserta
didik dapat menentukan norma yang sesuai gambar tersebut
|
4
|
Arti penting
proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan tiga arti penting proklamasi bagi
bangsa Indonesia
|
5
|
Hasil sidang
PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat
menentukan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
6
|
Sikappositifterhadapmaknaproklamasi
|
Disajikanpernyataan.
Pesertadidikdapatmenentukanpilihanpernyataan yang
menunjukkansikappositifterhadapmaknaproklamasi
|
7
|
Latarbelakanglahirnyaperundangan
HAM
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan
latarbelakanglahirnyaperundangan
HAM
|
8
|
Pelanggaran
HAM Beratsesuai
UURI Nomor 39 Tahun 1999
|
Pesertadidikdapatmenentukanpilihanpernyataan
yang menunjukkancontohpelanggaran
HAM
yang beratsesuai
UURI Nomor 39 Tahun 1999
|
9
|
Pasal 28 UUD Negara RI Tahun 1945
|
Disajikan gambar menyampaikan pendapat di muka umum, peserta didik dapat menentukan pasal dalam UUD 1945 yang sesuai gambar
tersebut
|
10
|
Kemerdekaan
mengeluarkan pandapat
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik
dapat menjelaskan 3 akibat mengeluarkan pendapat yang dilakukan tanpa batas
dan tidak bertanggungjawab
|
11
|
Pancasila
sebagai dasar negara
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar
negara Republik Indonesia
|
12
|
Nilai
Pancasila
|
Disajikan gambar upacara bendera, peserta didik dapat menentukan sila Pancasila yang sesuai gambar tersebut
|
13
|
Nilai nilai
Pancasila
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 nilai Pancasila sila kedua
|
14
|
Sikap
positif terhadap Pancasila
|
Disajikanwacana.
pesertadidikdapatmenentukanpilihanpernyataan yang menunjukkan
perbuatan pelaksanaan sila Pancasila dalam kehidupan masyarakat
|
15
|
Konstitusi
Negara RI
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik
dapat menunjukkan 3 konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
|
16
|
Konstitusi
Negara RI
|
Disajikan
pernyataan , peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri pemerintahan
Presidensil
|
17
|
Penyimpangan
terhadap UUD 1945 pada masa berklakunya UUD RIS 1949, UUDS 1950
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi
pada masa berlakunya konstitusi
|
18
|
Isi
DekritPresiden
|
Disajikan
Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan isi dekrit Presiden 5 Juli 1959
|
19
|
Tuntutan
adanya reformasi tahun 1998
|
Disajikan
Pernyataan. peserta didik dapat
menentukan tuntutan
adanya reformasi tahun 1998
|
20
|
Hasil-hasil
amandemen UUD 1945
|
Pesertadidikdapatmenetukansalahsatuhasilamandemen
UUD 1945
|
21
|
Tata
urutan perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
Disajikan
Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang Tata urutan
perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
22
|
Kesadaranhukum
|
Disajikan
wacana. Peserta didik dapat menganalisis ketaatan terhadap peraturan
|
23
|
Perundang-undangan
nasional
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik
dapat menunjukkan 3 alasan mengapa korupsi perlu diberantas
|
24
|
Contoh sikap
demokratis dalam musyawarah
|
pesertadidik dapat menjelaskan 3 contoh sikap
demokratis dalam musyawarah
|
25
|
Lembaga
Negara RI
|
Disajikan
data, pesertadidikdapatmenentukanlembaga Negara RI
yang diaturdalam UUD Negara RI Tahun 1945 hasil amandemen
|
26
|
Pengertianwarga
Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
Peserta
didik dapat menentukan pernyataan
yang menunjukkanpengertianwarga
Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
27
|
Pentingnya
bela negara
|
Disajikan
pernyataan , Peserta didik
dapat menentukan pentingnya membela negara Indonesia
|
28
|
Bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara
|
Disajikan
pernyataan Pesertadidikdapatmenntukancontohbentukusahapembelaannegara
|
29
|
Pasal 27 ayat
3 UUD 1945
|
Disajikan gambar membela negara, peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD 1945 yang sesuai gambar
tersebut
|
30
|
Komponen
pertahanan negara
|
Disajikan
gambar TNI dan POLRI, peserta didik dapat menunjukkan komponen pertahanan
negara dari gambar tersebut
|
31
|
Sikap
terhadap NKRI
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan sikap yang perlu dilakukan
terhadap pihak-pihak yang ingin menghancurkan negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
32
|
Setiapadabangsadannegara
|
Peserta didik dapat
menunjukkan contoh sikap waega negara
yang setia terhadap bangsa dan negara
|
33
|
Hakekat
otonomi daerah
|
Peserta
didik dapat menjelaskan hakekat otonomi daerah
|
34
|
Azas otonomi daerah
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan azas otonomi daerah.
|
35
|
Syarat-syarat
pemekaran daerah otonom
|
Dissajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukansyarat-syarat pemekaran daerah otonomi
|
36
|
Kewenangan
pemerintah pusat dalam otonomi daerah
|
Disajikan tabel , peserta didik dapat menentukan tiga kewenangan pemerintah pusat dalam
otonomi daerah
|
37
|
Fungsi DPRD
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat
menentukan fungsi DPRD
|
38
|
Pentingnya
partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pentingnya partisipasi
masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
39
|
Partisipasi masyarakat dalam era otonomi
|
Peserta didik dapat
menjelaskan peran rakyat dalam mengawasi
jalannya pemerintahan
|
40
|
Faktor-faktor
pendorong globalisasi
|
Disajikan empat gambar, peserta didik dapat menentukandua faktor
pendorong globalisasi
|
41
|
Pentingnya globalisasi bagi Indonesia
a.
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pentingnya globalisasi bagi bangsa
Indonesia
|
42
|
Pengertian
politik luar negeri bebas aktif
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian politik bebas aktif
|
43
|
Peranan Indonesia dalampercaturanInternasional.
|
Peserta didik dapat
mennetukan contoh bangsa Indonesia berperan aktif dalam percaturan
internasional
|
44
|
Dampaknegatifglobalisasi
|
|
45
|
Skap terhadap dampak
globalisasi
|
Peserta
didik dapat menentukan sikap yang perlu dikembangkan agar bangsa Indonesia
tetap kokoh, tidak terombang-ambing perubahan globalisasi
|
46
|
Ciri-ciri
manusia unggul
|
Disajikan pernyataan. peserta didik dapat menentukan pernyataan
yang termasuk ciri manusia unggul
|
47
|
Siap menghadapi tantangan global.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pentingnya prestasi diri berkaitan dengan upaya
menghadapai tantangan global
|
48
|
Kelebihan manusia dibandingkan dengan mahluk yang
lainnya
|
Peserta
didik dapat menjelaskan bukti manusia memiliki kelebihan dibandingkan dengan
mahluk yang lainnya
|
49
|
Disajikan 4 gambar
WNI yang berprestasi, peserta didik
dapat menunjukan 2 WNI yang
berprestasi di tingkat dunia
|
|
50
|
Mewujudkan prestasi diri
sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
Peserta didik dapat
menentukan contoh sikap positif yang diperlukan dalam mewujudkan prestasi
diri
|
Pak, ada contoh soal US tahun2 lalu gak? kalo ada, saya minta fotokopi ya pak... :D
BalasHapusini untuk kota mana??,pak
BalasHapusIni untuk Jakarta Selatan
Hapus