KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH PKn SMP 2014
No
Urut
|
Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )
|
Kompetensi yang diuji |
Materi
|
IIndikator
|
No.
Soal
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Memahami dan menun jukkan sikap positip terhadap
norma-norma kebiasaan , adat isti adat dan peraturan, dalam kehidupan ber
bangsa dan bernegara
|
Sikap positip terhadap norma-norma dan peraturan.
|
Pentingnya norma
|
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
1
|
|
|
|
Norma hukum
|
Disajikan gambar perilaku norma hukum, peserta didik dapat menentukan norma yang sesuai gambar tersebut
|
2
|
|
|
|
Sikap positif terhadap peraturan
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat menunjukkan sikap positif terhadap peraturan
|
3
|
2
|
Menjelaskan makna proklamasi kemerdeka an Republik
Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
|
Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
|
Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan tiga arti
penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
4
|
|
|
|
Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat menentukan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus
1945
|
5
|
|
|
|
Sikap positif terhadap makna proklamasi
|
Disajikan pernyataan. Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi
|
6
|
3.
|
Menampilkan sikap positip terhadap perlindungan dan
penegakkan HAM
|
Perlindungan dan penegakkan HAM
|
Latar belakang lahirnya perundangan HAM
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan latar
belakang lahirnya perundangan HAM
|
7
|
|
|
|
Sikap positif terhadap perlindungan dan
penegakakan HAM
|
Peserta didik dapat menunjukkan
sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan HAM
|
8
|
4.
|
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan
pendapat dengan bertanggungjawab
|
Kemerdekaan me ngeluarkan penda pat dengan ber
tanggungjawab
|
Pasal 28 UUD
Negara RI Tahun 1945
|
Disajikan gambar
menyampaikan pendapat di muka umum, peserta didik dapat menentukan pasal dalam UUD
1945 yang sesuai gambar tersebut
|
9
|
|
|
|
Kemerdekaan
mengeluarkan pandapat
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 3
akibat mengeluarkan pendapat yang dilakukan tanpa batas dan tidak
bertanggungjawab
|
10
|
5
|
Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
|
Perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dan UUD 1945
|
Pancasila sebagai dasar negara
|
Peserta didik dapat
menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan alasan Pancasila
dijadikan sebagai dasar negara Republik Indonesia
|
11
|
|
|
|
|
Disajikan 4 penyataan,
peserta didik dapat menentuka 2 (dua) pernyataan yang merupakan fungsi
Pancasila bagi Bangsa Indonesia
|
12
|
|
|
|
Nilai Pancasila
|
Disajikan gambar membantu korban bencana, peserta didik
dapat menentukan sila Pancasila yang sesuai gambar
tersebut
|
13
|
|
|
|
Nilai nilai Pancasila
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 nilai
Pancasila sila Ketiga
|
14
|
|
|
|
Sikap positif terhadap
Pancasila
|
Disajikan wacana/gambar. peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan
yang menunjukkan perbuatan pelaksanaan sila Pancasila dalam kehidupan
masyarakat
|
15
|
|
|
|
Konstitusi Negara RI
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3
konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
|
16
|
|
|
|
Konstitusi Negara RI
|
Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menunjukkan
ciri-ciri pemerintahan Presidensil
|
17
|
|
|
|
Isi Dekrit Presiden
|
Disajikan Pernyataan.
Peserta didik dapat menentukan isi dekrit Presiden 5 Juli 1959
|
18
|
|
|
|
Pasal 27 ayat 1 UUD 1945
|
Disajikan gambar
persidangan pengadilan, peserta didik dapat menentukan Pasal berapa dalam UUD
1945 yang sesuai dengan gambar tersebut
|
19
|
6
|
Menunjukkan sikap positip terhadap
kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
|
Kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
|
Tata
urutan perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
Disajikan
Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang Tata urutan perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
20
|
|
|
|
Tuntutan adanya reformasi tahun 1998
|
Disajikan
Pernyataan. peserta
didik dapat menentukan tuntutan adanya reformasi tahun 1998
|
21
|
|
|
|
Hasil-hasil amandemen UUD 1945
|
Peserta
didik dapat menetukan salah satu hasil amandemen UUD 1945
|
22
|
|
|
|
Perundang
undangan nasional
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 alasan korupsi harus diberantas
|
23
|
|
|
|
Contoh sikap demokratis dalam musyawarah
|
peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh sikap demokratis dalam musyawarah
|
24
|
|
|
|
Lembaga Negara RI
|
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan lembaga Negara
RI yang diatur dalam UUD Negara
RI Tahun 1945 hasil amandemen
|
25
|
7
|
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
|
Pembelaan negara
|
Pengertian warga
Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
menunjukkan pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun
2006
|
26
|
|
|
|
Pentingnya bela negara
|
Disajikan
pernyataan , Peserta didik
dapat menentukan pentingnya membela negara Indonesia
|
27
|
|
|
|
Bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara
|
Disajikan pernyataan Peserta didik dapat
menntukan contoh bentuk usaha pembelaan negara
|
28
|
|
|
|
Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
|
Disajikan gambar membela
negara, peserta didik
dapat menunjukkan pasal dalam UUD
1945 yang sesuai gambar tersebut
|
29
|
|
|
|
Komponen pertahanan negara
|
Disajikan gambar TNI dan POLRI, peserta didik dapat
menunjukkan komponen pertahanan negara dari gambar tersebut
|
30
|
|
|
|
Sikap terhadap NKRI
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan
sikap yang perlu dilakukan terhadap pihak-pihak yang ingin menghancurkan
negara Kesatuan Republik Indonesia
|
31
|
|
|
|
Setia pada bangsa dan negara
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap waega negara yang setia
terhadap bangsa dan negara
|
32
|
8
|
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungannya
antara pemerintah pusat dan daerah.
|
Otonomi daerah
|
Hakekat otonomi daerah
|
Peserta didik dapat menjelaskan hakekat
otonomi daerah
|
33
|
|
|
|
Azas otonomi daerah
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan azas
otonomi daerah.
|
34
|
|
|
|
Kewenangan
pemerintah pusat dalam otonomi
daerah
|
Disajikan tabel , peserta didik dapat menentukan tiga kewenangan pemerintah daerah dalam
otonomi daerah
|
35
|
|
|
|
Syarat-syarat pemekaran daerah otonom
|
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan syarat-syarat
pemekaran daerah otonomi
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi DPRD
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan fungsi DPRD
|
37
|
|
|
|
Pentingnya partisipasi masyarakat dalam
merumuskan kebijakan publik di daerah
|
Peserta didik
dapat menjelaskan pentingnya
partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
38
|
|
|
|
Partisipasi masyarakat dalam era
otonomi
|
Peserta didik
dapat menjelaskan peran rakyat dalam mengawasi jalannya
pemerintahan
|
39
|
9
|
Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak
globalisasi
|
Dampak Globalisasi
|
Faktor-faktor pendorong globalisasi
|
Disajikan empat gambar, peserta didik dapat menentukan dua faktor pendorong globalisasi
|
40
|
|
|
|
Pentingnya
globalisasi bagi Indonesia
a.
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
|
41
|
|
|
|
Pengertian politik luar negeri bebas aktif
|
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian politik bebas aktif
|
42
|
|
|
|
Dampak negatif globalisasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat menentukan tiga dampak positif globalisasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia
|
43
|
|
|
|
Skap terhadap dampak globalisasi
|
Peserta didik dapat
menentukan sikap yang perlu dikembangkan agar bangsa Indonesia tetap kokoh,
tidak terombang-ambing perubahan globalisasi
|
44
|
10
|
Memahami prestasi diri
untuk berprestasi sesuai dengan kemampuannya.
|
Prestasi diri .
|
Ciri-ciri manusia unggul
|
Disajikan
pernyataan. peserta didik
dapat menentukan pernyataan yang termasuk ciri manusia unggul
|
45
|
|
|
|
Siap
menghadapi
tantangan global.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya
prestasi diri berkaitan dengan upaya menghadapai tantangan global
|
46
|
|
|
|
Kelebihan
manusia dibandingkan dengan mahluk yang lainnya
|
Peserta didik dapat menjelaskan bukti
manusia memiliki
kelebihan dibandingkan dengan mahluk yang lainnya
|
47
|
|
|
|
|
Disajikan 4 gambar WNI yang berprestasi, peserta didik dapat menunjukan 2 WNI yang berprestasi di tingkat dunia
|
48
|
|
|
|
Mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan
demi keunggulan bangsa
|
Peserta didik
dapat menentukan contoh sikap positif yang diperlukan dalam mewujudkan
prestasi diri
|
49
|
|
|
|
|
Disajikan gambar
seseorang sebagai juara dunia, peserta didik dapat menunjukkan karakter yang
diperlukan untuk mencapai juara tersebut
|
50
|
Komentar
Posting Komentar