KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SMP MATA PELAJARAN PLKJ TAHUN 2013/2014
No
Urut
|
Standar Kompetensi
Lulusan ( SKL )
|
Kompetensi yang diuji
|
Materi
|
IIndikator
|
No.
Soal
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Memahami sejarah perkembangan Kota Jakarta
|
Mengidentifikasi tokoh perjuangan Betawi
|
Tokoh Betawi pada masa Kolonial Belanda
|
Disajikan nama-nama tokoh Betawi peserta
didik dapat mengidentifikasikan beberapa tokoh Betawi pada masa Hindia
Bekanda
|
1
|
|
|
|
|
Disajikan nama-nama tokoh Betawi peserta
didik dapat mengidentifikasikan beberapa tokoh Betawi pada masa Hindia
Bekanda
|
2
|
|
|
Mendeskripsikan batas wilayah Betawi pada masa Kolonial
Belanda
|
Lingkungan alam Betawi dahulu dan
sekarang
|
Peserta didik dapat mengidentifikasikan
batasan-batasan wilayah DKI Jakarta zaman penjajahan dan setelah kemerdekaan
RI
|
3
|
|
|
Mendeskripsikan perkembangan wilayah DKI Jakarta
setelah kemerdekaan RI
|
Perkembangan kota di daerah perbatasan
Betawi
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian dan ciri-ciri beberapa wilayah yang ada di sekitar kota Jakarta
|
4
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian dan ciri-ciri beberapa wilayah yang ada di sekitar kota Jakarta
|
5
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian dan ciri-ciri beberapa wilayah yang ada di sekitar kota Jakarta
|
6
|
|
Memahami dan cara menerapkan cara melestarikan
lingkungan alam, menjaga kebersihan dan turut mencegah pencemaran lingkungan
|
menerapkan cara menjaga kebersihan dan turut mencegah
pencemaran lingkungan
|
Pengertian Pencemaran
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis pencemaran lingkungan berdasarkan pengertiannya.
|
7
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis pencemaran lingkungan berdasarkan pengertiannya.
|
8
|
|
|
|
|
Disajikan table, peserta didik dapat
mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan berdasarkan jenisnya
|
9
|
|
|
|
|
Disajikan table, peserta didik dapat
mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan berdasarkan jenisnya
|
10
|
|
Mendeskripsikan perkembangan pemerintahan DKI Jakarta
|
Mengidentifikasi kedudukan dan pelayanan pemerintah
kepada masyarakat
|
Perkembangan Pemerintah DKI Jakarta
|
Disajikan gambar lambing DKI Jakarta,
peserta didik dapat mengidentifikasi arti dari lambing tersebut
|
11
|
|
|
|
|
Disajikan beberapa nama tokoh
pemerintah, peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh yang termasuk anggota
BPH
|
12
|
|
|
|
Pemerintahan DKI Jakarta dan pelayanan
masyarakat
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
tugas-tugas dari pembantu gubernur DKI Jakarta
|
13
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
tugas-tugas dari pembantu gubernur DKI Jakarta
|
14
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
tugas-tugas dari pembantu gubernur DKI Jakarta
|
15
|
|
|
Mengidentifikasi kebijakan pemerintah DKI Jakarta
|
Dewan Kota, Dewan Kelurahan, Dewan
Pendidikan dan Komite Sekolah
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat mengidentifikasi maksud pembentukan Dewan Pemerintahan DKI Jakarta yang
membantu tugas walikota
|
16
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat mengidentifikasi maksud pembentukan Dewan Pemerintahan DKI Jakarta yang
membantu tugas walikota
|
17
|
|
Memahami fasilitas, tertib lalu lintas, dan ketertiban
umum
|
Mengidentifikasi
fasilitas, tertib lalu lintas, dan ketertiban umum
|
Fasilitas social dan tempat ibadah
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian beberapa fasilitas umum berdasarkan jenis nya
|
18
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian beberapa fasilitas umum berdasarkan jenis nya
|
19
|
|
|
|
Fasilitas ekonomi, rekreasi dan oleh
raga
|
Disajikan table, peserta didik dapat
mengidentifikasi ccontoh-contoh fasilitas umum berdasarkan jenisnya
|
20
|
|
|
|
Ketertiban umum
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian beberapa ketertiban umum yang termasuk dalam 8 tertib hukum
|
21
|
|
Memahami sosial budaya, pergaulan dan sopan santun
|
Mengidentifikasi macam-macam sosial budaya
|
Lingkungan social budaya
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian lingkungan social berdasarkan ruang lingkup nya
|
22
|
|
|
|
Ruang lingkup lingkungan social budaya
|
Disajikan data contoh ruang lingkup
lingkungan social budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
lingkungan social budaya berdasarkan ruang lingkupnya
|
23
|
|
|
|
Rumah Singgah
|
Peserta didik dapat mengidetifikasi
bentuk-bentuk pembinaan pemerintah di rumah singgah
|
24
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidetifikasi
bentuk-bentuk pembinaan pemerintah di rumah singgah
|
25
|
|
Memahami dan menerapkan cara menanggulangi banjir dan
bahaya kebakaran
|
Mengidentifikasi penyebab banjir dan kebakaran di Jakarta
|
Faktor penyebab terjadinya banjir
|
Isajikan data penyebab banjir, peserta
didik dapat mengidentifikasi penyebab banjir berdasarkan factor utamanya
|
26
|
|
|
Menerapkan penanggulangan banjir dan bahaya kebakaran
di DKI Jakarta
|
Pencegahan dan penanggulangan bahaya
banjir
|
Disajikan table pencegahan bahaya banjir
siswa dapat menentukan upaya pencegahan banjir yang paling tepat
|
27
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat
menentukan definisi penanggulangan banjir dengan tepat
|
28
|
|
|
|
Akibat bahaya banjir
|
Disajikan data tentang akibat banjir
serta dampak banjir, peserta didik dapat menunjukkan dampak banjir di
beberapa sektor
|
29
|
|
|
|
Penanggulangan Kebakaran
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat mengidentifikasi cara penanggulangan kebakaran
|
30
|
|
Memahami kesehatan, keselamatan dan keamanan diri
|
Mengidentifikasi peraturan-peraturan Pemda DKI
Jamerokok dan penyalahgunaan zatkarta tentang
|
Pentingnya pelarangan merokok
|
Peserta didik dapat menunjukkan salah
satu peraturan larangan merokok yang dibuat oleh Pemda DKI Jakarta
|
31
|
|
|
|
Bahaya Merokok
|
Peserta didik dapat menunjukkan zat
berbahaya yang ada dalam rokok dengan tepat
|
32
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan zat
berbahaya yang ada dalam rokok dengan tepat
|
33
|
|
|
|
Dampak merokok jangka panjang dan jangka
pendek
|
Disajikan table, peserta didik dapat
menentukan akibat dan bahaya merokok
|
34
|
|
|
|
Penyalahgunaan zat dan gambaran sosial
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat
menentukan pengertian dari penyalahgunaan zat
|
35
|
|
|
|
Situasi penawaran zat
|
Disajikan data peserta didik dapat
menentukan factor-faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan penyalahgunaan
zat
|
36
|
|
|
|
Fakta legal dan fakta medik
|
Disajikan table, peserta didik dapat
menentukan Fakta legal dan
fakta medik suatu zat
|
37
|
|
|
Menerapkan keselamatan dan keamanan diri
|
keselamatan dan keamanan diri seara fisik
|
Peserta didik dapat menentukan
pasal-pasal tindak pidana berdasarkan jenis pidana yang dilakukan dengan
tepat
|
38
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan sanksi
yang diterapkan berdasarkan jenis pidana yang dilakukan
|
39
|
|
Memahami kependudukan, tata kota dan rumah susun
|
Mengidentifikasi kependudukan di DKI Jakarta
|
Penduduk DKI Jakarta
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian penduduk berdasarkan jenisnya
|
40
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian penduduk berdasarkan jenisnya
|
41
|
|
|
|
Permasalahan kependudukan
|
Disajikan table, peserta didik dapat
menentukan factor penyebab terjadinya urbanisasi
|
42
|
|
|
Menerapkan proses administrasi kependudukan
|
Administrasi kependudukan
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
syarat-syarat administrasi kependudukan di DKI Jakarta
|
43
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
syarat-syarat administrasi kependudukan di DKI Jakarta
|
44
|
|
|
Mendeskripsikan Tata Kota
|
Rencana Umum Tata Ruang Kota (RUTRK)
|
Disajikan pernyataan, peseta didik dapat
mengidentifikasikan rencana kepadatan bangunan pada RUTRK
|
45
|
|
|
|
Keterangan renana tata letak bangunan
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapan menunjukkan definisi KRTLB
dengan tepat
|
46
|
|
|
|
Ijin mendirikan bangunan
|
Perserta didik dapat menentukan Ijin
Pendahuluan yang diberikan untuk sebuah bangunan
|
47
|
|
|
Mendeskripsikan pembangunan rumah susun
|
Rumah susun
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian salah satu komponen pokok Pembangunan Pemukiman
|
48
|
|
|
|
Ciri khas rumah susun
|
Peserta didik dapan mengidentifikasi
pengertian kelengkapan yang menjadi iri khas rumah susun
|
49
|
|
|
|
Tugas dan fungsi PPRS
|
Disajikan data, peserta didik dapat
menentukan tugas pengurus rumah sususn
|
50
|
Komentar
Posting Komentar