KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SMP MATA PELAJARAN PLKJ TAHUN 2013/2014

No
Urut
Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )
Kompetensi yang diuji
Materi
IIndikator
No.
Soal
1
2
3
5
6
7
1
Memahami sejarah perkembangan Kota Jakarta
Mengidentifikasi tokoh perjuangan Betawi
Tokoh Betawi pada masa Kolonial Belanda
Disajikan nama-nama tokoh Betawi peserta didik dapat mengidentifikasikan beberapa tokoh Betawi pada masa Hindia Bekanda
1




Disajikan nama-nama tokoh Betawi peserta didik dapat mengidentifikasikan beberapa tokoh Betawi pada masa Hindia Bekanda
2


Mendeskripsikan batas wilayah Betawi pada masa Kolonial Belanda
Lingkungan alam Betawi dahulu dan sekarang
Peserta didik dapat mengidentifikasikan batasan-batasan wilayah DKI Jakarta zaman penjajahan dan setelah kemerdekaan RI
3


Mendeskripsikan perkembangan wilayah DKI Jakarta setelah kemerdekaan RI
Perkembangan kota di daerah perbatasan Betawi
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian dan ciri-ciri beberapa wilayah yang ada di sekitar kota Jakarta
4




Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian dan ciri-ciri beberapa wilayah yang ada di sekitar kota Jakarta
5




Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian dan ciri-ciri beberapa wilayah yang ada di sekitar kota Jakarta
6

Memahami dan cara menerapkan cara melestarikan lingkungan alam, menjaga kebersihan dan turut mencegah pencemaran lingkungan
menerapkan cara menjaga kebersihan dan turut mencegah pencemaran lingkungan
Pengertian Pencemaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis pencemaran lingkungan berdasarkan pengertiannya.
7




Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis pencemaran lingkungan berdasarkan pengertiannya.
8




Disajikan table, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan  berdasarkan jenisnya
9




Disajikan table, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan  berdasarkan jenisnya
10

Mendeskripsikan perkembangan pemerintahan DKI Jakarta
Mengidentifikasi kedudukan dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat
Perkembangan Pemerintah DKI Jakarta
Disajikan gambar lambing DKI Jakarta, peserta didik dapat mengidentifikasi arti dari lambing tersebut
11




Disajikan beberapa nama tokoh pemerintah, peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh yang termasuk anggota BPH
12



Pemerintahan DKI Jakarta dan pelayanan masyarakat
Peserta didik dapat mengidentifikasi tugas-tugas dari pembantu gubernur DKI Jakarta
13




Peserta didik dapat mengidentifikasi tugas-tugas dari pembantu gubernur DKI Jakarta
14




Peserta didik dapat mengidentifikasi tugas-tugas dari pembantu gubernur DKI Jakarta
15


Mengidentifikasi kebijakan pemerintah DKI Jakarta
Dewan Kota, Dewan Kelurahan, Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi maksud pembentukan Dewan Pemerintahan DKI Jakarta yang membantu tugas walikota
16




Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi maksud pembentukan Dewan Pemerintahan DKI Jakarta yang membantu tugas walikota
17

Memahami fasilitas, tertib lalu lintas, dan ketertiban umum
Mengidentifikasi  fasilitas, tertib lalu lintas, dan ketertiban umum
Fasilitas social dan tempat ibadah
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian beberapa fasilitas umum berdasarkan jenis nya
18




Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian beberapa fasilitas umum berdasarkan jenis nya
19



Fasilitas ekonomi, rekreasi dan oleh raga
Disajikan table, peserta didik dapat mengidentifikasi ccontoh-contoh fasilitas umum berdasarkan jenisnya
20



Ketertiban umum
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian beberapa ketertiban umum yang termasuk dalam 8 tertib hukum
21

Memahami sosial budaya, pergaulan dan sopan santun
Mengidentifikasi macam-macam sosial budaya
Lingkungan social budaya
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian lingkungan social berdasarkan ruang lingkup nya
22



Ruang lingkup lingkungan social budaya
Disajikan data contoh ruang lingkup lingkungan social budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh lingkungan social budaya berdasarkan ruang lingkupnya
23



Rumah Singgah
Peserta didik dapat mengidetifikasi bentuk-bentuk pembinaan pemerintah di rumah singgah
24




Peserta didik dapat mengidetifikasi bentuk-bentuk pembinaan pemerintah di rumah singgah
25

Memahami dan menerapkan cara menanggulangi banjir dan bahaya kebakaran
Mengidentifikasi penyebab banjir dan kebakaran di Jakarta
Faktor penyebab terjadinya banjir
Isajikan data penyebab banjir, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab banjir berdasarkan factor utamanya
26


Menerapkan penanggulangan banjir dan bahaya kebakaran di DKI Jakarta
Pencegahan dan penanggulangan bahaya banjir
Disajikan table pencegahan bahaya banjir siswa dapat menentukan upaya pencegahan banjir yang paling tepat
27




Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan definisi penanggulangan banjir dengan tepat
28



Akibat bahaya banjir
Disajikan data tentang akibat banjir serta dampak banjir, peserta didik dapat menunjukkan dampak banjir di beberapa sektor
29



Penanggulangan Kebakaran
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi cara penanggulangan kebakaran
30

Memahami kesehatan, keselamatan dan keamanan diri
Mengidentifikasi peraturan-peraturan Pemda DKI Jamerokok dan penyalahgunaan zatkarta tentang
Pentingnya pelarangan merokok
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu peraturan larangan merokok yang dibuat oleh Pemda DKI Jakarta
31



Bahaya Merokok
Peserta didik dapat menunjukkan zat berbahaya yang ada dalam rokok dengan tepat
32




Peserta didik dapat menunjukkan zat berbahaya yang ada dalam rokok dengan tepat
33



Dampak merokok jangka panjang dan jangka pendek
Disajikan table, peserta didik dapat menentukan akibat dan bahaya merokok
34



Penyalahgunaan zat dan gambaran sosial
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan pengertian dari penyalahgunaan zat 
35



Situasi penawaran zat
Disajikan data peserta didik dapat menentukan factor-faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan penyalahgunaan zat
36



Fakta legal dan fakta medik
Disajikan table, peserta didik dapat menentukan Fakta legal dan fakta medik suatu zat
37


Menerapkan keselamatan dan keamanan diri
keselamatan dan keamanan diri seara fisik
Peserta didik dapat menentukan pasal-pasal tindak pidana berdasarkan jenis pidana yang dilakukan dengan tepat
38




Peserta didik dapat menentukan sanksi yang diterapkan berdasarkan jenis pidana yang dilakukan
39

Memahami kependudukan, tata kota dan rumah susun
Mengidentifikasi kependudukan di DKI Jakarta
Penduduk DKI Jakarta
Peserta didik dapat mengidentifikasi  pengertian penduduk berdasarkan jenisnya
40




Peserta didik dapat mengidentifikasi  pengertian penduduk berdasarkan jenisnya
41



Permasalahan kependudukan
Disajikan table, peserta didik dapat menentukan factor penyebab terjadinya urbanisasi
42


Menerapkan proses administrasi kependudukan
Administrasi kependudukan
Peserta didik dapat mengidentifikasi syarat-syarat administrasi kependudukan di DKI Jakarta
43




Peserta didik dapat mengidentifikasi syarat-syarat administrasi kependudukan di DKI Jakarta
44


Mendeskripsikan Tata Kota
Rencana Umum Tata Ruang Kota (RUTRK)
Disajikan pernyataan, peseta didik dapat mengidentifikasikan rencana kepadatan bangunan pada RUTRK
45



Keterangan renana tata letak bangunan
Disajikan pernyataan, peserta didik dapan menunjukkan definisi  KRTLB dengan tepat
46



Ijin mendirikan bangunan
Perserta didik dapat menentukan Ijin Pendahuluan yang diberikan untuk sebuah bangunan
47


Mendeskripsikan pembangunan rumah susun
Rumah susun
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian salah satu komponen pokok Pembangunan Pemukiman
48



Ciri khas rumah susun
Peserta didik dapan mengidentifikasi pengertian kelengkapan yang menjadi iri khas rumah susun
49



Tugas dan fungsi PPRS
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan tugas pengurus rumah sususn
50

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI