KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA
PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
|||
Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer
Dan Kependudukan
|
Sosialisasi Dan Perubahan Sosial
|
Perkembangan Masyarakat
Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai Dengan
Mempertahankan
NKRI
|
Kegiatan Perekonomian
Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
·
Memahami
·
Mengidentifikasi
·
Menjelaskan
·
Menyebutkan
·
Mendeskripsikan
·
Memberi contoh
·
Menentukan
·
Menunjukkan
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
- keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
- proses pembentukan muka bumi
-
gejala atmosfer
-
gejala hidrosfer
- kondisi geografik dengan penduduk
-
peta,
atlas
dan globe
-
Asia Tenggara
- negara berkembang, negara maju
-
benua dan samudera
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi sosial
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu
memahami:
- kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat dan peninggalan-
peninggalan pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam
- masa kolonialisme, masa pergerakan nasional,
persiapan proklamasi
- kehidupan sosial,
ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta
didik mampu memahami dan menguasai tentang:
- pelaku ekonomi badan usaha, koperasi
dan pasar
-
gagasan
kreatif
dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
- badan-badan kerjasama
internasional/regional
- tindakan ekonomi
dan kegiatan ekonomi
- permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga
-
uang dan lembaga keuangan
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
|||
Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer
Dan Kependudukan
|
Sosialisasi Dan Perubahan Sosial
|
Perkembangan Masyarakat
Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai Dengan
Mempertahankan
NKRI
|
Kegiatan Perekonomian
Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional
|
|
Aplikasi
·
Mengklasifikasi
·
Menghitung
·
Menggunakan
·
Menyelesaikan
·
Menerapkan
·
Menentukan
·
Membedakan
·
Memprediksi
·
Menginterpretasikan
·
Memberi contoh
·
Menemukan
·
Menghubungkan
|
Peserta didik mampu menentukan:
- keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
- proses pembentukan muka bumi
- kondisi geografik dengan penduduk
- sketsa, pengetahuan peta, atlas dan globe
-
Asia Tenggara
- negara berkembang, negara maju
-
benua dan samudera
|
Peserta didik mampu menentukan penyelesaian permasalahan:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi sosial
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik
masa pra-aksara, Hindu- Budha, Islam,
kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi sampai proklamasi
- kehidupan
sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan sampai
reformasi
|
Peserta
didik mampu mengaplikasikan pengetahuan:
- pelaku ekonomi badan usaha, koperasi
dan pasar
-
gagasan
kreatif
dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
- manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-
sistem ekonomi dan pajak
- penerapan pajak dalam kehidupan
sehari-hari-hari berdasarkan data
-
pemeranan
pemerintah dalam upaya
menanggulangi ketenaga kerjaan
- tindakan ekonomi
dan kegiatan ekonomi
-
permintaan
dan
penawaran serta terbentuknya harga
-
uang dan lembaga keuangan
|
Penalaran
·
Menganalisis
·
Memprediksi
·
Membuktikan
·
Mengkombinasi
|
Peserta didik mampu
menganalisis tentang:
- keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-
proses
pembentukan muka
|
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji:
- kehidupan
sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara,
|
Peserta
didik mampu menggunakan nalar
dalam memecahkan masalah tentang:
- tindakan ekonomi
dan kegiatan ekonomi
-
uang dan lembaga keuangan
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
|||
Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer
Dan Kependudukan
|
Sosialisasi Dan Perubahan Sosial
|
Perkembangan Masyarakat
Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai Dengan
Mempertahankan
NKRI
|
Kegiatan Perekonomian
Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional
|
|
·
Membandingkan
·
Menyimpulkan
·
Mengevaluasi
·
Mensintesis
|
bumi
- kondisi geografik dengan penduduk
|
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
|
masa Hindu-Budha, Islam,
kolonialisme, dan liberalisme, proklamasi, sampai pasca reformasi
|
|
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
MATA
PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
|||
Aspek Keruangan Dan Konektivitas Antar Ruang dan
Waktu
|
Kelembagaan Sosial dan Dinamika Interaksi Manusia
|
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan
Pemerintahan Sejak Pra- Aksara Sampai dengan
Mempertahankan
NKRI
|
Kegiatan
Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
·
Memahami
·
Mengidentifikasi
·
Menjelaskan
·
Menyebutkan
·
Mendeskripsikan
·
Memberi contoh
·
Menentukan
·
Menunjukkan
|
Peserta
didik
mampu memahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek regional: letak Indonesia,
geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas
manusia, bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.
|
Peserta didik mampu
memahami dan menguasai:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi sosial
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
keragaman sosial dan budaya
-
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
-
fungsi
dan peran lembaga sosial
|
Peserta didik mampu
memahami kehidupan:
- sosial, ekonomi, budaya dan peninggalan-peninggalan
masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam
- masa kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi
- kehidupan sosial, ekonomi, politik,
budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta
didik mampu memahami dan menguasai tentang:
- pelaku ekonomi badan usaha,
koperasi dan pasar
- manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
- badan-badan kerjasama
internasional/regional
-
kegiatan
ekspor dan impor
-
tindakan
ekonomi dan kegiatan
ekonomi
- permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga
-
uang dan lembaga keuangan
|
Aplikasi
|
Peserta didik mampu
menentukan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek
nasional: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis
dengan aktivitas
|
Peserta didik mampu
menentukan penyelesaian permasalahan:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi sosial
-
perubahan sosial
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra- aksara,
Hindu-Budha, Islam
- masa kolonialisme liberalisme, masa pergerakan, persiapan proklamasi,
-
kehidupan
sosial, ekonomi,
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan:
- pelaku ekonomi badan usaha,
koperasi dan pasar
- gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
-
manusia
sebagai makhluk
|
·
Mengklasifikasi
|
||||
·
Menghitung
|
||||
·
Menggunakan
|
||||
·
Menyelesaikan
|
||||
·
Menerapkan
|
||||
·
Menentukan
|
||||
·
Membedakan
|
Level
Kognitif
|
|
|||
Aspek Keruangan Dan Konektivitas Antar Ruang dan
Waktu
|
Kelembagaan Sosial dan Dinamika Interaksi Manusia
|
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan
Pemerintahan Sejak Pra-
Aksara Sampai
dengan Mempertahankan NKRI
|
Kegiatan
Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional
|
|
·
Memprediksi
·
Menginterpretasikan
·
Memberi contoh
·
Menemukan
·
Menghubungkan
|
manusia,bentuk muka bumi,
sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.
|
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
|
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
sosial dan ekonomi yang
bermoral
-
sistem ekonomi dan pajak
- badan-badan kerjasama
internasional/regional
- penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
- pemeranan pemerintah
dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-
tindakan
ekonomi dan kegiatan
ekonomi
- permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga
-
uang dan lembaga keuangan
|
Penalaran
·
Menganalisis
·
Memprediksi
·
Membuktikan
·
Mengkombinasi
·
Membandingkan
·
Menyimpulkan
·
Mengevaluasi
·
Mensintesis
|
Peserta
didik
mampu menganalisis aspek keruangan dengan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek Nusantara: letak Indonesia,
pengelolaan sumberdaya alam, kondisi
geografis dengan aktivitas manusia, bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara
maju/berkembang.
|
Peserta didik mampu
menganalisis tentang:
- penduduk
- proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi sosial
- perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
|
Peserta
didik mampu menggunakan nalar
dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan
sosial, ekonomi, budaya, dan
politik masa pra- aksara, masa
Hindu-Budha, Islam,
- masa kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan
- persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya
setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta
didik mampu menggunakan nalar
dalam memecahkan masalah
tentang:
-
tindakan
ekonomi dan kegiatan
ekonomi
-
uang dan lembaga keuangan
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
|||
Aturan dan
Ideologi
|
Hak
dan Kewajiban
Warga
Negara
|
Kedaulatan
Rakyat
|
Globalisasi
dan
Prestasi
Diri
|
|
Pengetahuan dan
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai:
-
norma
-
konstitusi dan Proklamasi
-
bahaya korupsi
-
Pancasila
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai:
-
hak asasi manusia
-
usaha bela negara
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai:
-
demokrasi dan kedaulatan
- kemerdekaan mengemukakan pendapat
-
otonomi daerah
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai:
- globalisasi
- prestasi diri
|
Pemahaman
|
||||
·
Mengidentifikasi
|
||||
·
Menunjukkan
|
||||
·
Menjelaskan
|
||||
·
Mendeskripsikan
|
||||
Aplikasi
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
norma
-
konstitusi dan Proklamasi
-
bahaya korupsi
- Pancasila
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
hak asasi manusia
-
usaha bela negara
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
demokrasi dan kedaulatan
- kemerdekaan mengemukakan pendapat
- otonomi daerah
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- globalisasi
- prestasi diri
|
·
Memberi contoh
|
||||
·
Menentukan
|
||||
·
Menerapkan
|
||||
·
Menginterpretasi
|
||||
·
Mengurutkan
|
||||
Penalaran
|
Peserta didik dapat
menganalisis:
-
norma
-
konstitusi dan Proklamasi
-
bahaya korupsi
-
Pancasila
|
Peserta didik dapat
menganalisis:
-
hak asasi manusia
-
usaha bela negara
|
Peserta didik dapat
menganalisis:
-
demokrasi dan kedaulatan
- kemerdekaan mengemukakan pendapat
-
otonomi daerah
|
Peserta didik dapat
menganalisis:
- globalisasi
- prestasi diri
|
·
Menganalisis
|
||||
·
Mengevaluasi
|
||||
·
Mengaitkan
|
||||
·
Menyimpulkan
|
Kisi-Kisi USBN PKn SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 1
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA
PELAJARAN: PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||
Pancasila
Sebagai Ideologi Negara
|
Norma
dan Konstitusi
|
Komitmen
Terhadap
Keutuhan
NKRI
|
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
·
Mengidentifikasi
·
Menunjukkan
·
Menjelaskan
· Mendeskripsikan
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai :
-
Proses perumusan Pancasila
-
Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai :
-
Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945
-
Penerapan Norma
-
Lembaga negara berdasarkan
UUD NRI 1945
- Hak Asasi Manusia
|
Peserta didik dapat
memahami dan menguasai :
-
Aspek-aspek pengokohan NKRI
-
Keberagaman dalam masyarakat
-
Semangat persatuan dan kesatuan
|
Aplikasi
·
Memberi contoh
·
Menentukan
· Menerapkan
·
Menginterpretasi
·
Mengurutkan
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-
Proses perumusan Pancasila
-
Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-
Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945
-
Penerapan Norma
-
Lembaga negara berdasarkan
UUD NRI 1945
-
Hak Asasi Manusia
|
Peserta didik dapat
menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-
Aspek-aspek pengokohan NKRI
-
Keberagaman dalam masyarakat
-
Semangat persatuan dan kesatuan
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||
Pancasila
Sebagai Ideologi Negara
|
Norma
dan Konstitusi
|
Komitmen
Terhadap
Keutuhan
NKRI
|
|
Penalaran
·
Menganalisis
·
Mengevaluasi
· Mengaitkan
·
Menyimpulkan
|
Peserta didik
dapat menganalisis :
-
Proses perumusan Pancasila
-
Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila
|
Peserta didik dapat
menganalisis :
-
Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945
-
Penerapan Norma
-
Lembaga negara berdasarkan
UUD NRI 1945
-
Hak Asasi Manusia
|
Peserta didik dapat menganalisis:
-
Aspek-aspek pengokohan NKRI
-
Keberagaman dalam masyarakat
-
Semangat persatuan dan kesatuan
|
Komentar
Posting Komentar