KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2017/2018




MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL




Level Kognitif
Lingkup Materi

Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer Dan Kependudukan


Sosialisasi Dan Perubahan Sosial
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai Dengan
Mempertahankan NKRI

Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional
Pengetahuan dan Pemahaman
·         Memahami
·         Mengidentifikasi
·         Menjelaskan
·         Menyebutkan
·         Mendeskripsikan
·         Memberi contoh
·         Menentukan
·         Menunjukkan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-   keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-   proses pembentukan muka bumi
-   gejala atmosfer
-   gejala hidrosfer
-   kondisi geografik dengan penduduk
-   peta, atlas dan globe
-   Asia Tenggara
-   negara berkembang, negara maju
-   benua dan samudera
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-          penduduk
-          proses sosial
-          bentuk-bentuk interaksi sosial
-          perubahan sosial
-          penyimpangan sosial
-          lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu memahami:
- kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat dan peninggalan- peninggalan pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam
- masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi
- kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
-      pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-      gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-      badan-badan kerjasama internasional/regional
-      tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-      uang dan lembaga keuangan






Level Kognitif
Lingkup Materi

Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer Dan Kependudukan


Sosialisasi Dan Perubahan Sosial
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai Dengan
Mempertahankan NKRI

Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional
Aplikasi
·         Mengklasifikasi
·         Menghitung
·         Menggunakan
·         Menyelesaikan
·         Menerapkan
·         Menentukan
·         Membedakan
·         Memprediksi
·         Menginterpretasikan
·         Memberi contoh
·         Menemukan
·         Menghubungkan
Peserta didik mampu menentukan:
-   keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-   proses pembentukan muka bumi
-   kondisi geografik dengan penduduk
-   sketsa, pengetahuan peta, atlas dan globe
-   Asia Tenggara
-   negara berkembang, negara maju
-   benua dan samudera
Peserta didik mampu menentukan penyelesaian permasalahan:
-       penduduk
-       proses sosial
-       bentuk-bentuk interaksi sosial
-       perubahan sosial
-       penyimpangan sosial
-       lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu- Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi sampai proklamasi
- kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan sampai reformasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan:
-      pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-      gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
-      manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-      sistem ekonomi dan pajak
-      penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
-      pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-      tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-      uang dan lembaga keuangan
Penalaran
·      Menganalisis
·      Memprediksi
·      Membuktikan
·      Mengkombinasi
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-   keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-   proses pembentukan muka
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-       penduduk
-       proses sosial
-       bentuk-bentuk interaksi sosial
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara,
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:
-      tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      uang dan lembaga keuangan






Level Kognitif
Lingkup Materi

Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer Dan Kependudukan


Sosialisasi Dan Perubahan Sosial
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai Dengan
Mempertahankan NKRI

Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional
·      Membandingkan
·      Menyimpulkan
·      Mengevaluasi
·     Mensintesis
bumi
- kondisi geografik dengan penduduk
-        perubahan sosial
-        penyimpangan sosial
-        lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, dan liberalisme, proklamasi, sampai pasca reformasi



Downloaded from http://pak-anang.blogspot.coKmISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL



Level Kognitif
Lingkup Materi

Aspek Keruangan Dan Konektivitas Antar Ruang dan Waktu

Kelembagaan Sosial dan Dinamika Interaksi Manusia
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra- Aksara Sampai dengan
Mempertahankan NKRI
Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional
Pengetahuan dan Pemahaman
·         Memahami
·         Mengidentifikasi
·         Menjelaskan
·         Menyebutkan
·         Mendeskripsikan
·         Memberi contoh
·         Menentukan
·         Menunjukkan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek regional: letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia, bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-          penduduk
-          proses sosial
-          bentuk-bentuk interaksi sosial
-          perubahan sosial
-          penyimpangan sosial
-          keragaman sosial dan budaya
-          lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
-          fungsi dan peran lembaga sosial
Peserta didik mampu memahami kehidupan:
-  sosial, ekonomi, budaya dan peninggalan-peninggalan masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam
-  masa kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi
-  kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
-      pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-      manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-      badan-badan kerjasama internasional/regional
-      kegiatan ekspor dan impor
-      tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-      uang dan lembaga keuangan
Aplikasi
Peserta didik mampu menentukan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek nasional: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas
Peserta didik mampu menentukan penyelesaian permasalahan:
-      penduduk
-      proses sosial
-      bentuk-bentuk interaksi sosial
-      perubahan sosial
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-    kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra- aksara, Hindu-Budha, Islam
-    masa kolonialisme liberalisme, masa pergerakan, persiapan proklamasi,
-    kehidupan sosial, ekonomi,
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan:
-      pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-      gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
-      manusia sebagai makhluk
·      Mengklasifikasi
·      Menghitung
·      Menggunakan
·      Menyelesaikan
·      Menerapkan
·      Menentukan
·      Membedakan


nang.blogspot.com                                                                                    Lingkup Materi

Level Kognitif


Aspek Keruangan Dan Konektivitas Antar Ruang dan Waktu

Kelembagaan Sosial dan Dinamika Interaksi Manusia
Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra-
Aksara Sampai dengan Mempertahankan NKRI
Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional
·      Memprediksi
·      Menginterpretasikan
·      Memberi contoh
·      Menemukan
·      Menghubungkan
manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.
-              penyimpangan sosial
-              lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
sosial dan ekonomi yang bermoral
-      sistem ekonomi dan pajak
-      badan-badan kerjasama internasional/regional
-      penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
-      pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-      tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-      uang dan lembaga keuangan
Penalaran
·    Menganalisis
·    Memprediksi
·    Membuktikan
·    Mengkombinasi
·    Membandingkan
·    Menyimpulkan
·    Mengevaluasi
·    Mensintesis
Peserta didik mampu menganalisis aspek keruangan dengan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek Nusantara: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia, bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-       penduduk
-       proses sosial
-       bentuk-bentuk interaksi sosial
-       perubahan sosial
-       penyimpangan sosial
-       lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra- aksara, masa Hindu-Budha, Islam,
-  masa kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan
-  persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:
-      tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-      uang dan lembaga keuangan



MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN


Level Kognitif
Lingkup Materi
Aturan dan Ideologi
Hak dan Kewajiban
Warga Negara
Kedaulatan Rakyat
Globalisasi dan
Prestasi Diri
Pengetahuan dan
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-   norma
-   konstitusi dan Proklamasi
-   bahaya korupsi
-   Pancasila
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-   hak asasi manusia
-   usaha bela negara
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-   demokrasi dan kedaulatan
-   kemerdekaan mengemukakan pendapat
-   otonomi daerah
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
- globalisasi
- prestasi diri
Pemahaman
·  Mengidentifikasi
·  Menunjukkan
·  Menjelaskan
·  Mendeskripsikan
Aplikasi
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-   norma
-   konstitusi dan Proklamasi
-   bahaya korupsi
-   Pancasila
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-   hak asasi manusia
-   usaha bela negara
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-   demokrasi dan kedaulatan
-   kemerdekaan mengemukakan pendapat
-   otonomi daerah
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- globalisasi
- prestasi diri
·  Memberi contoh
·  Menentukan
·  Menerapkan
·  Menginterpretasi
·  Mengurutkan
Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis:
-   norma
-   konstitusi dan Proklamasi
-   bahaya korupsi
-   Pancasila
Peserta didik dapat menganalisis:
- hak asasi manusia
- usaha bela negara
Peserta didik dapat menganalisis:
-   demokrasi dan kedaulatan
-   kemerdekaan mengemukakan pendapat
-   otonomi daerah
Peserta didik dapat menganalisis:
- globalisasi
- prestasi diri
·   Menganalisis
·   Mengevaluasi
·   Mengaitkan
·   Menyimpulkan






Kisi-Kisi USBN PKn SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018                                                                                                                                                                                                                                             | 1



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN


Level Kognitif
Lingkup Materi
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Norma dan Konstitusi
Komitmen Terhadap
Keutuhan NKRI
Pengetahuan dan Pemahaman
·  Mengidentifikasi
·  Menunjukkan
·  Menjelaskan
·  Mendeskripsikan
Peserta didik dapat memahami dan menguasai :
-      Proses perumusan Pancasila
-      Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila
Peserta didik dapat memahami dan menguasai :
-     Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945
-     Penerapan Norma
-     Lembaga negara berdasarkan UUD NRI 1945
-     Hak Asasi Manusia
Peserta didik dapat memahami dan menguasai :
-     Aspek-aspek pengokohan NKRI
-     Keberagaman dalam masyarakat
-     Semangat persatuan dan kesatuan
Aplikasi
·  Memberi contoh
·  Menentukan
·  Menerapkan
·  Menginterpretasi
·  Mengurutkan
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-      Proses perumusan Pancasila
-      Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-        Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945
-        Penerapan Norma
-        Lembaga negara berdasarkan UUD NRI 1945
-        Hak Asasi Manusia
Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-       Aspek-aspek pengokohan NKRI
-       Keberagaman dalam masyarakat
-       Semangat persatuan dan kesatuan




Level Kognitif
Lingkup Materi
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Norma dan Konstitusi
Komitmen Terhadap
Keutuhan NKRI
Penalaran
·   Menganalisis
·   Mengevaluasi
·   Mengaitkan
·   Menyimpulkan
Peserta didik dapat menganalisis :
-          Proses perumusan Pancasila
-          Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila
Peserta didik dapat menganalisis :
-     Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945
-     Penerapan Norma
-     Lembaga negara berdasarkan UUD NRI 1945
-     Hak Asasi Manusia
Peserta didik dapat menganalisis:
-       Aspek-aspek pengokohan NKRI
-       Keberagaman dalam masyarakat
-       Semangat persatuan dan kesatuan


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI