KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
No.
Soal
|
1
|
1. Menampilkan partisipasi
dalam usaha pembelaan
negara
|
1.1 Menjelaskan pentingnya usaha
pembelaan negara
|
Pengertian negara
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan pengertian negara
|
1
|
Pengertian warga negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
Peserta didik
dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian warga negara
menurut UU No 12 Tahun 2006t
|
2
|
|||
Ketentuan yang menjadi
warga negara Indonesia menurut UUD 1945
|
Peserta didik dapat menentukan ketentuan yang menjadi warga negara Indonesia menurut
UUD 1945
|
3
|
|||
Sekelompok
manusia yang menjadi penghuni negara dan taat pada peraturan yang
berlaku dinegara tersebut merupakan
pengertian rakyat
|
Peserta didik
dapat menyimpulkan pernyataan yang menunjukkan pengertian rakyat
|
4
|
|||
Pengertian negara kesatuan
|
Peserta didik
dapat menentukan pernyataan pasal 30 ayat (2) tentang usaha pertahanan dan keamanan
negara
|
5
|
|||
Bentuk
Negara
|
Peserta
didik dapat menentukan bentuk Negara Indonesia berdasarkan pasal 1 ayat (1) UUD
1945 y
|
6
|
|||
Tujuan
Negara
|
Peserta
didik dapat menentukan alinea dalam Pembukaan UUD 1945 berkaitan dengan
tujuan nasional bangsa Indonesia
|
7
|
|||
Fungsi
Negara berkaitan dengan pertahanan dan keamanan
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu
fungsi negara yang paling utama berkaitan dengan kelanjutan NKRI
|
8
|
1
2
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Fungsi
Negara berkaitan dengan keadilan berupa proses sidang para koruptor
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu
fungsi negara yang berkaitan dengan
keadilan
|
9
|
|||
Fungsi negara berakaitan dengan penertiban
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu
fungsi negara yang berkaitan dengan
penertiban
|
10
|
|||
Syarat Deklaratif beridinya suatu negara
|
Peserta
didik dapat menentukan syarat
deklaratif berdirinya suatu negara
|
11
|
|||
Syarat
konstitutif bagi berdirinya suatu
negara
|
Peserta didik dapat menentukan syarat konstitutif bagi berdirinya suatu negara
|
12
|
|||
1.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara
|
UUD 1945 pasal 27 ayat 3
|
Peserta didik dapat menntukan upaya pembelaan negara oleh
warga negara menurut pernyataan pasal 27 ayat (3) UUD 1945
|
13
|
||
UUD 1945 pasal 30 ayat 1
|
Peserta didik dapat menntukan pasal dalam UUD 1945 yang menyatakan Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha
pertahanan dan keamanan negara”.
|
14
|
|||
Undang-Undang nomor. 3 Tahun 2002
|
Peserta didik dapat menntukan Peraturan perundang-undangan
tentang wajib bela negara yang diatur dalam undang-undang No.3
tahun 2002
|
15
|
|||
Komponen
Sishankamrata
|
Peserta didik dapat menntukan komponen pendukung dalam pertahanan rakyat semesta
|
16
|
|||
Tugas POLRI
|
Peserta didik dapat menntukan salah satu tugas POLRI
|
17
|
|||
Pengertian bela
negara
|
Peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian bela negara
|
18
|
|||
Pentingnya membela
dan mempertahankan Negara oleh setiap warga Negara
|
Peserta didik dapat menntukan alas an pentingnya membela dan mempertahankan Negara oleh
setiap warga negara
|
19
|
|||
Membela dan
mempertahankan Negara oleh setiap warga negara
|
. Peserta didik
dapat menntukan tujuan pertahanan negara
|
20
|
3
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Membela dan
mempertahankan Negara oleh setiap warga negara
|
Disajikan pernyataan. Peserta
didik dapat menntukan pilihan permyataan yang menunjukkan keikutsertaan warga
negara dalam usaha pembelaan negara menurut Pasal 9 ayat (2) UURI Nomor 3
tahun 2002
|
21
|
|||
Tugas TNI
|
Peserta didik dapat menntukan Tugas Tentara
Nasional Indonesia
|
22
|
|||
Hak dan Kewajiban warga negara
|
Peserta didik dapat menntukan pernyataan yang menunjukkan
contoh melaksanakan kewajiban warga negara
|
23
|
|||
1.3 Menampilkan peran serta dalam
usaha pembelaan negara
|
Kewajiban utama warga negara
atas
Kemerdekaan
|
Peserta didik dapat menntukan
pernyataan yang menunjukkan Kewajiban utama warga negara atas
kemerdekaan yang telah dicapai
|
24
|
||
Contoh ancaman
yang bersifat nonmiliter
|
Peserta didik dapat menntukan contoh ancaman yang bersifat nonmiliter
|
25
|
|||
Contoh ancaman
yang bersifat nmiliter
|
Peserta didik dapat menntukan contoh ancaman yang bersifat nmiliter
|
26
|
|||
Bentuk peranserta
dalam usaha pembelaan negara
|
Disajikan pernyataan, pesewrta didik dapat menentukan contoh bentuk
peranserta yang
mencerminkan bela negara oleh siswa
|
27
|
|||
Bentuk peranserta
dalam usaha pembelaan negara
|
Peserta didik dapat menentukan bentuk peranserta warga negara apabila terjadi
gangguan
keamanan
|
28
|
|||
Bentuk peranserta
dalam usaha pembelaan negara
|
peserta didik
dapat menentukan contoh ancaman yang menghancurkan moral dari
dan budaya bangsa
|
29
|
|||
Bentuk peranserta
dalam usaha pembelaan negara
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan yang menujukan bentuk partisipasi masyarakat sebagai wujud
pembelaan negara
|
30
|
4
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Bentuk peranserta
dalam usaha pembelaan negara
|
Peserta didik dapat
menentukan contoh
perwujudan bela negara di lingkungan
masyarakat
|
31
|
|||
Bentuk peranserta
dalam usaha pembelaan negara
|
Peserta didik dapat
menentukan contoh salah satu tantangan bangsa Indonesia di
bidang sosial budaya
|
32
|
|||
1
|
2. Memahami
pelaksanaan
otonomi daerah
|
2.1 Mendeskripsikan pengertian
otonomi daerah
|
Pengertian otonomi daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian
otonomi daerah
|
33
|
Landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi daerah
|
Landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi
|
34
|
|||
Pentingnya pelaksanaan otonomi daerah
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan yang menunjukkan tujuan pemeberian otonomi kepada daerah
|
35
|
|||
Asas Desentralisasi dalam otonomi Daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian
asas dekonsentrasi
|
36
|
|||
Tugas DPRD
|
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan yang menunjukkan tugas DPRD
|
37
|
|||
Penyelenggaraan
Otonomi Daearah
|
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan kewenangan pemerintah
daerah.
|
38
|
|||
Syarat-syarat pemekaran daerah otonom
|
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Syarat-syarat
pemekaran daerah otonomi
|
39
|
|||
Tujuan desentralisasi otonomi daerah
|
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Tujuan desentralisasi
otonomi daerah
|
40
|
|||
Azas otonomi
daerah
|
Peserta didiki dapat menyimpulkan arti dari Penugasan pemerintah pusat
kepada daerah atau Desa atau dari Propinsi Kabupaten ke Desa untuk
melaksanakan tugas tertentu
|
41
|
|||
Calon kepala daerah Kabupaten
|
Peserta didik dapat menentukan Calon kepala daerah Kabupaten
|
42
|
5
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Pemerintahan Daearah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan lembaga
pemegang kekuasaan legislatife di daerah
|
43
|
|||
Peraturan daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan kewenangan yang mensahkan Peraturan
Daerah
|
44
|
|||
2. Memahami
pelaksanaan
otonomi daerah
|
2.2 Menjelaskan pentingnya
partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
|
Partisipasi aktif rakyat dalam perumusan kebija kan publik
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan penentu keberhasilan pembangunan di daerah
|
45
|
|
Pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di
daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan Pentingnya partisipasi
masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
46
|
|||
Tujuan ditetapkannya kebijakan publik
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan tujuan ditetapkannya kebijakan publik
|
47
|
|||
Bentuk partisipasi
aktif masyarakat berkaitan dengan kebijkan publik yang tidak
aspiratif
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan bentuk partisipasi
aktif masyarakat berkaitan dengan kebijkan publik yang tidak
aspiratif
|
48
|
|||
Dampak negatif kebijakan publik
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan faktor
penyebab timbulnya dampak negatif
akibat dari kebijakan publik
|
49
|
|||
Contoh peran serta masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
|
Peserta didik dapat menentukan contoh bentuk partisipasi masyarakat berkaitan dengan perumusan kebijakan publik
|
50
|
Komentar
Posting Komentar