KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2014/2015





No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal
1
1. Menampilkan partisipasi
   dalam usaha pembelaan
   negara
1.1  Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
Pengertian negara
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian negara
1



Pengertian warga negara menurut UU No 12 Tahun 2006
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian warga negara menurut UU No 12 Tahun 2006t
2



Ketentuan yang menjadi warga negara Indonesia menurut UUD 1945
Peserta didik dapat menentukan ketentuan yang menjadi warga negara Indonesia menurut UUD 1945
3



Sekelompok manusia yang menjadi penghuni negara dan taat pada peraturan yang berlaku   dinegara tersebut merupakan pengertian rakyat
Peserta didik dapat menyimpulkan pernyataan yang menunjukkan pengertian rakyat
4



Pengertian negara kesatuan
Peserta didik dapat menentukan pernyataan pasal 30 ayat (2) tentang usaha pertahanan dan keamanan negara
5



Bentuk Negara
Peserta didik dapat menentukan bentuk Negara Indonesia berdasarkan pasal 1 ayat (1) UUD 1945 y
6



Tujuan Negara
Peserta didik dapat menentukan alinea dalam Pembukaan UUD 1945 berkaitan dengan tujuan nasional bangsa Indonesia
7



Fungsi Negara berkaitan dengan pertahanan dan keamanan
Peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi negara yang paling utama berkaitan dengan kelanjutan NKRI
8

1
2


No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal



Fungsi Negara berkaitan dengan keadilan berupa proses sidang para koruptor
Peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi negara yang berkaitan dengan  keadilan 
9



Fungsi negara berakaitan dengan penertiban
Peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi negara yang berkaitan dengan  penertiban
10



Syarat Deklaratif beridinya suatu negara
Peserta didik dapat menentukan syarat deklaratif  berdirinya suatu negara
11



Syarat konstitutif bagi berdirinya suatu  negara
Peserta didik dapat menentukan syarat konstitutif bagi berdirinya suatu  negara
12


1.2  Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
UUD 1945  pasal 27 ayat 3

Peserta didik dapat menntukan upaya pembelaan negara oleh warga negara menurut pernyataan pasal 27 ayat (3) UUD  1945
13



UUD 1945 pasal 30 ayat 1

Peserta didik dapat menntukan pasal dalam UUD 1945 yang menyatakan Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.
14



Undang-Undang nomor. 3 Tahun 2002

Peserta didik dapat menntukan Peraturan perundang-undangan tentang wajib  bela negara  yang diatur dalam undang-undang No.3 tahun 2002
15



Komponen Sishankamrata
Peserta didik dapat menntukan komponen pendukung dalam pertahanan rakyat  semesta
16



Tugas POLRI
Peserta didik dapat menntukan salah satu tugas POLRI
17



Pengertian bela negara
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian bela negara
18



Pentingnya membela dan mempertahankan Negara oleh setiap warga Negara
Peserta didik dapat menntukan alas an pentingnya membela dan mempertahankan Negara oleh setiap warga negara
19



Membela dan mempertahankan Negara oleh setiap warga negara
. Peserta didik dapat menntukan tujuan pertahanan negara   
20

3

No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal



Membela dan mempertahankan Negara oleh setiap warga negara
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menntukan pilihan permyataan yang menunjukkan keikutsertaan warga negara dalam usaha pembelaan negara menurut Pasal 9 ayat (2) UURI Nomor 3 tahun 2002
21



Tugas TNI
Peserta didik dapat menntukan Tugas Tentara
Nasional Indonesia
22



Hak dan Kewajiban warga negara
Peserta didik dapat menntukan pernyataan yang menunjukkan contoh melaksanakan kewajiban warga negara
23


1.3  Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara
Kewajiban utama warga negara atas
Kemerdekaan
Peserta didik dapat menntukan pernyataan yang menunjukkan Kewajiban utama warga negara atas
kemerdekaan yang telah dicapai
24



Contoh ancaman yang bersifat nonmiliter
Peserta didik dapat menntukan contoh ancaman yang bersifat nonmiliter
25



Contoh ancaman yang bersifat nmiliter
Peserta didik dapat menntukan contoh ancaman yang bersifat nmiliter
26



Bentuk peranserta dalam usaha pembelaan negara
Disajikan pernyataan, pesewrta didik dapat menentukan contoh bentuk peranserta yang
mencerminkan bela negara oleh siswa
27



Bentuk peranserta dalam usaha pembelaan negara
Peserta didik dapat menentukan bentuk peranserta warga negara apabila terjadi 
gangguan keamanan
28



Bentuk peranserta dalam usaha pembelaan negara
peserta didik dapat menentukan  contoh ancaman yang menghancurkan moral dari dan budaya bangsa
29



Bentuk peranserta dalam usaha pembelaan negara
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menujukan bentuk partisipasi masyarakat sebagai wujud pembelaan negara
30
4

No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal



Bentuk peranserta dalam usaha pembelaan negara
Peserta didik dapat menentukan  contoh perwujudan bela negara di lingkungan
masyarakat
31



Bentuk peranserta dalam usaha pembelaan negara
Peserta didik dapat menentukan  contoh  salah satu tantangan bangsa Indonesia di
bidang sosial budaya
32
1
2. Memahami pelaksanaan
    otonomi daerah
2.1  Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah
Pengertian otonomi daerah
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian otonomi daerah
33



Landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi daerah
Landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi
34



Pentingnya pelaksanaan otonomi daerah
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan  pilihan pernyataan yang menunjukkan tujuan pemeberian otonomi kepada daerah
35



Asas Desentralisasi dalam otonomi Daerah
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian asas dekonsentrasi
36



Tugas DPRD
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan  yang menunjukkan tugas DPRD
37



Penyelenggaraan Otonomi Daearah
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan kewenangan pemerintah daerah. 
38



Syarat-syarat pemekaran daerah otonom
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Syarat-syarat pemekaran daerah otonomi 
39



Tujuan desentralisasi otonomi daerah
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Tujuan desentralisasi otonomi daerah
40



Azas otonomi daerah
Peserta didiki dapat menyimpulkan arti dari Penugasan pemerintah pusat kepada daerah atau Desa atau dari Propinsi Kabupaten ke Desa untuk melaksanakan tugas tertentu
41



Calon  kepala daerah Kabupaten 
Peserta didik dapat menentukan Calon  kepala daerah Kabupaten 
42


5

No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal



Pemerintahan Daearah
Peserta didik dapat menentukan pilihan lembaga pemegang kekuasaan legislatife di daerah
43



Peraturan daerah
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan kewenangan yang mensahkan Peraturan Daerah
44

2. Memahami pelaksanaan
    otonomi daerah
2.2  Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
Partisipasi aktif rakyat dalam perumusan  kebija kan publik
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan  yang menunjukkan penentu keberhasilan pembangunan di daerah
45



Pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan  yang menunjukkan Pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
46



Tujuan ditetapkannya kebijakan publik
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan tujuan ditetapkannya kebijakan publik
47



Bentuk partisipasi aktif masyarakat berkaitan dengan  kebijkan publik yang tidak aspiratif
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan  yang menunjukkan bentuk partisipasi aktif masyarakat berkaitan dengan  kebijkan publik yang tidak aspiratif
48



Dampak negatif kebijakan publik
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan faktor penyebab timbulnya dampak negatif  akibat dari kebijakan publik
49



Contoh peran serta masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
Peserta didik dapat menentukan contoh bentuk partisipasi masyarakat berkaitan dengan perumusan kebijakan publik
50





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI