KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 7 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No.
Urut
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
1
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara
|
·
Pembentukan
BPUPKI
·
Ketua
BPUPKI
·
Tugas
BPUPKI
·
Pengertian
dasar Negara
·
Agenda
Sidang BPUPKI
·
Usulan
dasar negara para pendiri negara
·
Usulan
dasar Negara para pendiri Negara
·
Persamaan
rumusan dasar Negara
·
Sidang
BPUPKI
·
Hasil
Sidang PPKI
·
Rumusan
sila-sila Pancasila dalam Pembukaan alinea IV
·
Penetapan
hari lahirnya Pancasila
·
Manfaat
memiliki dasar Negara
·
Nilai-nilai
yang terkandung dalam perubahan alinea IV Piagam Jakarta
·
Komitmen
para pendiri Negara
· Semangat dan Komitmen Kebangsaan
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menunjukkan tanggal
dibentuknya BPUPKI
Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menunjukkan
Ketua BPUPKI
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan tugas BPUPKI.
Peserta didik dapat menebtukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan pengertian dasar negara.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan agenda sidang pertama
BPUPKI tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945.
Disajikan
usulan asas dan dasar Indonesia merdeka. Peserta didik dapat menetukan
pilihan gambar yang menunjukkan usulan dasar Negara dari tokoh tersebut..
Disajikan
usulan asas dan dasar Indonesia merdeka. Peserta didik dapat menetukan
pilihan tokoh yang menunjukkan usulan dasar Negara dari tokoh tersebut..
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan persamaan rumusan
dasar negara yang diusulkan oleh para
pendiri
Negara
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan agenda sidang kedua
BPUPKI tanggal tanggal
10
sampai dengan 17 Juli 1945
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan alinea dalam Pembukaan UUD 1945 yang
menunjukkan rumusan
sila-sila Pancasila
yang sah.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan tanggal ditetapkannya hari lahirnya Pancasila.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat memiliki
dasar negara
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan nilai-nilai yang dapat diperoleh dari para pendiri Negara dengan
adanya perubahan
rumusan dasar negara yang telah disepakati dalam Piagam Jakarta.
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan komitmen dari para pendiri negara dalam menyampaikan perumusan
Pancasila.
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan bukti adanya semangat dan komitmen kebangsaan
seorang siswa SMP.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
3.2
Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang –
Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
· Pengertian konstitusi
· Contoh konvensi
·
Panitia kecil
hasil sidang BPUPKI
tanggal 17 Juli 1945.
.
· Keputusan Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
·
Manfaat yang diperoleh bagi kehidupan
Negara apabila kita mematuhi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Kepatuhan terhadap UUD 1945
·
Konstitusi
yang pernah berlaku di negara Indonesia.
·
Sistem
pemerintahan
· Sistem
pemerintahan
·
akibat yang terjadi bagi warga negara
apabila tidak memiliki UUD
· sikap
semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Sikap terbaik terhadap UUD 1945 dalam kehidupan
sehari-hari..
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian
konstitusi
Peserta didik dapat menentukan
pilihan contoh yang termasuk konvensi.
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan panitia kecil
hasil sidang BPUPKI
tanggal 17
Juli 1945.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan kesepakatan para pendiri
bangsa menghilangkan tujuh kata pada
piagam jakarta
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat yang
diperoleh bagi kehidupan Negara apabila mematuhi UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan akibat tidak mematuhi UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Disajikan
data. Peserta didik dapat menentukan pilihan data yang menunjukkan UUD yang
pernah berlaku di negera Indonesia.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sistem
pemerintahan yang dianut bangsa Indonesia.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan lembaga tertinggi
sebelum adanya amandemen UUD 1945
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan akibat yang
terjadi bagi warga negara apabila tidak memiliki UUD
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 194
Pserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap terbaik terhadap UUD 1945 dalam
kehidupan sehari-hari.
|
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
|
||
3.3
Memahami isi
alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
· Isi teks proklamasi kemerdekaan
· Hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945
· Banssa Indonesia anti penjajah
· Makna yang terkandung dalam alinesa pertama Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945:
· Makna yang terkandung dalam alinesa kedua Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945:
· Isi pernyataan alinesa ketiga Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945:
· Isi pernyataan alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945:
· Tujuan negara Indonesia
· Upaya mempertahankan
kemerdekaan
· Ketetapan
MPR No. IX/MPR/1999
· Upaya
perwujudan alinea keempat pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan dua hal
pokok yang termuat dalam Proklamasi Kemerdekaan.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan
hubungan proklamasi kemederdekaan dengan Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Peserta didik dapat menentukan pilihan alinea dalam Pembukaan
UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang menunjukkan bangsa
Indonesia anti penjajah.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan makna yang
terkandung dalam Pembukaan alinea pertama Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan makna yang
terkandung dalam Pembukaan alinea kedua Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta
didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan isi pernyataan yang
terkandung pada alinea ketiga Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Disajikan
pernyataan. Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan isi alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan tujuan negara Indonesia
yang terkandung dalam Pembukaan alinea keempat Pembukaan
UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Peserta
didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan upaya mempertahankan
kemerdekaan
Peserta didik dapat menentukan pilihan peraturan yang
menunjukkan keputusan
MPR untuk tidak mengubah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Peserta
didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan upaya pewujudan
pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat dalam kehidupan sehar-hari.
|
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
|
||
3.4
Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
|
·
Pengertian norma, sumber-sumber norma macam-macam
norma, sanksi pelanggaran terhadap norma.
·
Norma yang berlaku dalam masyarakat
·
Arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
·
Perilaku sesuai norma yang berlaku
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan pengertian norma
Disajikan macam norma. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan macam-macam norma.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan tujuan dibuatnya norma.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan pengertian norma
kesusilaan
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan sumber norma agama
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan contoh pelaksanaan norma kesopanan.
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan sanksi terhadap pelanggaran norma hukum.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan sikap yang menunjukkan adanya pelanggaran
terhadap norma hukum dalam lingkungan sekolah.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan manfaat melaksanakan norma bagi diri sendiri.
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat melaksanakan norma dalam
kehidupan di lingkungan sekolah.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan akibat yang terjadi apabila tidak melaksanakan norma dalam
kehidupan di lingkungan sekolah/masyarakat/bangsa dan negara..
|
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Komentar
Posting Komentar