KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 8 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No.
Urut
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
No.
Soal
|
1
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
|
· Pengertian
dasar Negara
· Pentingnya dasar negara
bagi suatu Negara
· Pentingnya
Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bagi suatu bangsa dan negara Indonesia.
·
Akibat yang akibat yang terjadi apbila suatu
negara tidak memiliki dasar Negara
·
Kedudukan dan fungsi Pancasila
sebagai dasar Negarai
·
Sila-sila Pancasila
sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
·
Hubungan sila-sila dalam
Pancasila
·
Pengertian mempertahankam
Pancasila
·
Perwujudan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·
Perwujudan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·
Perwujudan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·
Perwujudan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Peserta didik dapaqt meentukan pilihan pernyataan
yang menunjukka pengertian dasar negara.
Peserta didik dapat meentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan pentingnya dasar Negara bagi suatu Negara.
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan
Pilihan pernyataan yang
menunjukkan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bagi suatu bangsa dan
negara Indonesia.
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan
pilihan pernyataan yang
menunjukkan akibat yang terjadi apbila suatu negara tidak memiliki dasar Negara
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang
menunjukkan kedudukan dan fungsi Pancasila
sebagai dasar Negara
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan
pilihan pernyataan yang
menunjukkan Alasan bahwa sila-sila
Pancasila sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dilaksanakan secara terpisah
Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan hubungan sila-sila dalam Pancasila.
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menentukan
pilihan pernyataan yang
menunjukkan
pengertian mempertahankan Pancasila
Disajikan gambar. Peerta didik dapat menentukan
perwujudan pengamalan nilai Pancasila, sila Kemanusiaan yang adil dan
beradab.
Disajikan gambar. Peerta didik dapat menentukan
perwujudan pengamalan nilai Pancasila, sila Kemanusiaan yang adil dan beradab
Disajikan gambar. Peerta didik dapat menentukan
perwujudan pengamalan nilai Pncasila, sila Kerakyatan yang dipuimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Disajikan wacana. Peerta didik dapat menentukan
perwujudan pengamalan nilai Pncasila, sila Keadilan sosial bagi seluruh
rakyat Indonesia.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
|
|
3.2
Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
· Pengertian kedaulatan
rakyat
· Pemegang kekuasaan
tertinggi dalam pemerintahan
· Bentuk pelaksanaan kedaulatan keluar/kedalam
· Teori kedaulatan
· Landasan hukum negara Indonesia menganut kedaulatan
rakyat,
· Teori kedaulatan yang dianut di Indonesia
· Azas atau prinsip-prinsip negara demokrasi
· Ciri-ciri negara demokrasi
· Pelaksasanaan
demokrasi langsung/tidak langsung
· Nilai lebih demokrasi Pancasila
· Azas Pemilihan Umum.
· Perwujudan nilai-nilai demokrasi
· Lembaga-lembaga Negara (MPR)
· Lembaga-lembaga Negara (MPR)
· Lembaga-lembaga Negara (MPR)
· Lembaga-lembaga Negara (DPR)
· Lembaga-lembaga Negara (DPR)
· Lembaga-lembaga Negara (DPR)
· Lembaga-lembaga Negara (DPR)
· Lembaga-lembaga negara (DPD)
· Pembagian kekuasaan pemerintahan menurut Montesquieu
· Lembaga eksekutif dalam Pemerintahan Republik Indonesia
· Hubungan antar lembaga negara
|
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian kedaulatan
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pemegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan di
tingkat Daerah Tingkat I.
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan contoh bentuk pelaksanaan kedaulatan keluar.
Peserta didik
dapat menentukan pilihan kekuasaan tertinggi menurut kedaulatan Tuhan
Disajikan
beberapa pasal dari UUD 145. Peserta didik dapat menentukan pilihan yang
menunjukkan landasan
hukum negara Indonesia menganut kedaulatan rakyat.
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan teori kedaulatan yang
dianut bangsa Indonesia berdasarkan pasal 1 ayat (3) UUD 1945.
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan azas
atau prinsip-prinsip negara demokrasi
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan ciri-ciri
negara demokrasi
Disajikan
wacana. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataaan yang menunjukkan
pelaksanaan demokrasi langsung
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataam yang menunjukkan nilai lebih
demokrasi Pancasila
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan azas pemelihan
umum.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan contoh perwujudan
nilai-nilai demokrasi di lingkungan sekolah.
Disajikan
lembaga-lembaga negra. Peserta didik dapat menentukan pilihan yang
menenjukkan keanggotaan MPR.
Peserta didik
dapat menentukan pilihan yang menenjukkan lembaga yang memiliki tugas dan
wewenang untuk mengubah dan menetapkan
UUD 1945
sesuai amanat pasal 3 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Disajikan
gambar pelantikan Presiden/Wakil Presiden. Peserta didik dapat menentukan
pasal dalam UUD 1945 MPR melantik Presiden/Wakil Presiden Republik Indonesia
Peserta didik dapat menentukan pilihan
yang menenjukkan lembaga
Negara yang memegang kekuasaan membentuk undang-undang, berdasarkan amant
pasal 20 ayat (1) UUD 1945.
Disajikan fungsi DPR.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan fungsi
DPR.
Disajikan hak-hak DPR.
Peserta didik dapat menentukan hak DPR untuk
meminta keterangan kepada Pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.
Peserta didik dapat
menentukan pilihan lembaga negara yang dibentuk untuk menampung aspirasi
masyarakat di daerah- daerah
Peserta didik dapat
menentukan pilihan pembagian kekuasaan dalam negara untuk membuat peraturan perundangan
dalam suatu negara menurut Montesquieu.
Peserta didik dapat
menetukan pilihan yang menunjukkan lembaga eksekutif dalam Pemerintahan
Republik Indonesia.
Peserta didik dapat
menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan bukti adanya hubungan tata
kerja antara DPR dengan Presiden, dan Dewan Perwakilan Daerah.
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan contoh sikap positif rakyat dalam sistem pemerintahan.
|
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
|
|
|
3.3.
Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
|
·
Negara
Indonesia adalah negara hukum
·
Sumber dari segala sumber hukum di Negara Indonesia
· Tata urutan/hirarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7
UU Nomor 12 Tahun 2011
· Tujuan
hukum
· Proses
penyusunan peraturan perundang undangan
· Pengertian
peraturan pemerintah (PP)
· Perilaku
mentaati undang-undang
· Sadar
hukum berlalu lintas
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan yang menunjukkan pasal dalam UUD 1945 bahwa Negara Indonesia adalah
berdasarkan atas hukum ( UUD 1945 pasal 1 ayat (3)
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sumber dari segala
sumber hukum di Negara Indonesia.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan tata urutan/hirarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7
UU Nomor 12 Tahun 2011 yang paling tinggi.
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataaan yang menunjukkan tujuan hukum.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan Proses
penyusunan Peraturan Darah Provinsi sesuai UU Nomor 12 Tahun 2011,
apabila rancangan diusulkan oleh DPRD
Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian Peraturan pemerintah
Disajikan pernyataan.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan perilaku
menaati undang-undang yang wajib dilaksanakan oleh semua orang
Disajikan pernyataan.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat
tertib berlalu-lintas
|
36
37
38
39
40
41
42
43
|
|
|
3.4 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
|
·
Pengertian kebudayaan
daerah
·
Landasan hukum kebudayaan
daerah
·
Sikap menghadapi perbedaan
· Manfaat menyesuaikan diri dalam kehidupan di masyarakat yang
beragam.
· Norma dan kebiasaan dalam lingkungan masyarakat
· Pentingnya norma dalam kehidupan masyarakat
· Sikap terbaik dalam melestarikan kebudayaan daerah.
|
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian kebudayaan
daerah
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang
kebudayaan daerah.
Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan sikap mengahadapai
perbedaan berbagai kelakuan berkaitan dengan teman bergaul di sekolah.
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat
yang diperoleh bila
kita pandai menyesuaikan diri
dalam kehidupan dimasyarakat yang beragam
norma dan kebiasaan
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap untuk menghindari adanya perbedaaan diantara
masyarakat.
Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan yang menunjukkan pentingnya norma
dalam kehidupan masyarakat
Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan yang menunjukan sikap terbaik dalam melestarikan kebudayaan
daerah.
|
44
45
46
47
48
49
50
|
1
Komentar
Posting Komentar