KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 8 TAHUN PELAJARAN 2014/2015





No.
Urut
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal
1
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.1  Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

·       Pengertian dasar Negara


·       Pentingnya  dasar negara bagi suatu Negara

·       Pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bagi suatu bangsa dan negara Indonesia.

·       Akibat yang akibat yang terjadi apbila suatu negara tidak memiliki dasar Negara

·       Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar Negarai

·       Sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.



·       Hubungan sila-sila dalam Pancasila



·       Pengertian mempertahankam Pancasila



·       Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

·       Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


·       Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


·       Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Peserta didik dapaqt meentukan pilihan pernyataan yang menunjukka pengertian dasar negara.

Peserta didik dapat meentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pentingnya dasar Negara bagi suatu Negara.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
Pilihan pernyataan yang menunjukkan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bagi suatu bangsa dan negara Indonesia.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan akibat yang terjadi apbila suatu negara tidak memiliki dasar Negara

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan  kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar Negara

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan  Alasan bahwa sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dilaksanakan secara terpisah

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan hubungan sila-sila dalam Pancasila.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian mempertahankan Pancasila

Disajikan gambar. Peerta didik dapat menentukan perwujudan pengamalan nilai Pancasila, sila Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Disajikan gambar. Peerta didik dapat menentukan perwujudan pengamalan nilai Pancasila, sila Kemanusiaan yang adil dan beradab

Disajikan gambar. Peerta didik dapat menentukan perwujudan pengamalan nilai Pncasila, sila Kerakyatan yang dipuimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Disajikan wacana. Peerta didik dapat menentukan perwujudan pengamalan nilai Pncasila, sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
1


2


3




4



5




6





7



8




9


10



11




12


3.2     Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·       Pengertian kedaulatan rakyat



·      Pemegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan


·      Bentuk pelaksanaan kedaulatan keluar/kedalam



·      Teori kedaulatan


·      Landasan hukum negara Indonesia menganut kedaulatan rakyat,



·      Teori kedaulatan yang dianut di Indonesia



·      Azas atau prinsip-prinsip negara demokrasi



·      Ciri-ciri negara demokrasi


·      Pelaksasanaan demokrasi langsung/tidak langsung

·      Nilai lebih demokrasi Pancasila



·      Azas Pemilihan Umum.



·      Perwujudan nilai-nilai demokrasi




·      Lembaga-lembaga Negara (MPR)


·      Lembaga-lembaga Negara (MPR)







·      Lembaga-lembaga Negara (MPR)





·      Lembaga-lembaga Negara (DPR)




·      Lembaga-lembaga Negara (DPR)



·      Lembaga-lembaga Negara (DPR)



·      Lembaga-lembaga Negara (DPR)



·      Lembaga-lembaga negara (DPD)



·      Pembagian kekuasaan pemerintahan menurut Montesquieu


·      Lembaga eksekutif dalam Pemerintahan Republik Indonesia




·      Hubungan antar lembaga negara


Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian kedaulatan

Peserta didik dapat menentukan pilihan pemegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan di tingkat Daerah Tingkat I.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan contoh bentuk pelaksanaan kedaulatan keluar.

Peserta didik dapat menentukan pilihan kekuasaan tertinggi menurut kedaulatan Tuhan

Disajikan beberapa pasal dari UUD 145. Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menunjukkan landasan hukum negara Indonesia menganut kedaulatan rakyat.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan teori kedaulatan yang dianut bangsa Indonesia berdasarkan pasal  1 ayat (3) UUD 1945.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan azas atau prinsip-prinsip negara demokrasi

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan ciri-ciri negara demokrasi

Disajikan wacana. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataaan yang menunjukkan pelaksanaan demokrasi langsung

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataam yang menunjukkan nilai lebih demokrasi Pancasila

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan azas pemelihan umum.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan contoh perwujudan nilai-nilai demokrasi di lingkungan sekolah.


Disajikan lembaga-lembaga negra. Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menenjukkan keanggotaan MPR.

Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menenjukkan lembaga yang memiliki tugas dan wewenang untuk  mengubah dan menetapkan UUD 1945 sesuai amanat pasal 3 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Disajikan gambar pelantikan Presiden/Wakil Presiden. Peserta didik dapat menentukan pasal dalam UUD 1945 MPR melantik Presiden/Wakil Presiden Republik Indonesia

Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menenjukkan lembaga Negara yang memegang kekuasaan membentuk undang-undang, berdasarkan amant pasal 20 ayat (1)  UUD 1945.

Disajikan fungsi DPR. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan fungsi DPR.

Disajikan hak-hak DPR. Peserta didik dapat menentukan hak DPR untuk meminta keterangan kepada Pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.

Peserta didik dapat menentukan pilihan lembaga negara yang dibentuk untuk menampung aspirasi masyarakat di daerah- daerah

Peserta didik dapat menentukan pilihan pembagian  kekuasaan  dalam  negara untuk membuat peraturan perundangan dalam suatu negara  menurut Montesquieu.

Peserta didik dapat menetukan pilihan yang menunjukkan lembaga eksekutif dalam Pemerintahan Republik Indonesia.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan bukti adanya hubungan tata kerja antara DPR dengan Presiden, dan Dewan Perwakilan Daerah.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan contoh sikap positif  rakyat dalam sistem pemerintahan.

13




14




15




16


17



18




19




20



21



22



23



24




25




26




27




28




29



30





31



32





33



34






35


3.3.    Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

·       Negara Indonesia adalah negara hukum




·      Sumber dari segala sumber hukum di Negara Indonesia


·      Tata urutan/hirarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011


·      Tujuan hukum


·      Proses penyusunan peraturan perundang undangan



·      Pengertian peraturan pemerintah (PP)



·      Perilaku mentaati undang-undang




·      Sadar hukum berlalu lintas
Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menunjukkan  pasal dalam UUD 1945 bahwa Negara Indonesia adalah berdasarkan atas hukum ( UUD 1945 pasal 1 ayat (3)

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sumber dari segala sumber hukum di Negara Indonesia.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan tata urutan/hirarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011 yang paling tinggi.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataaan yang menunjukkan tujuan hukum.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan Proses penyusunan Peraturan Darah Provinsi sesuai UU Nomor 12 Tahun 2011,
apabila rancangan diusulkan oleh DPRD

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian Peraturan pemerintah


Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan perilaku menaati undang-undang yang wajib dilaksanakan oleh semua orang

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat tertib berlalu-lintas
36




37




38




39


40





41




42





43


3.4 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia

·       Pengertian kebudayaan daerah



·       Landasan hukum kebudayaan daerah



·       Sikap menghadapi perbedaan





·      Manfaat menyesuaikan diri dalam kehidupan di masyarakat yang beragam.





·      Norma dan kebiasaan dalam lingkungan masyarakat



·      Pentingnya norma dalam kehidupan masyarakat


·      Sikap terbaik dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian kebudayaan daerah

Peserta didik dapat menentukan pilihan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang kebudayaan daerah.

 Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan sikap mengahadapai perbedaan berbagai kelakuan berkaitan dengan teman bergaul di sekolah.


Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan manfaat  yang  diperoleh  bila  kita  pandai menyesuaikan diri dalam kehidupan dimasyarakat yang beragam norma dan kebiasaan


Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap untuk menghindari adanya perbedaaan diantara masyarakat.

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pentingnya norma dalam kehidupan masyarakat

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan sikap terbaik dalam melestarikan kebudayaan daerah.
44




45



46





47






48




49




50



1











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI