KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN IPS KELAS VII


MATERI
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
A. Pengertian ruang dan interaksi antar
1. Peserta didik dapat menentukan pengertian
1
     ruang.
    tentang ruang.

    1. Saling melengkapi
2. Peserta didik dapat menentukan pengertiaan
2
 
    interaksi antarruang


3. Peserta didik dapat menentukan sebuah
3

    kondisi yang menyebabkan interaksi antarruang

B. Letak dan Luas wilayah Indonesia


    1. Pemahaman lokasi melalui peta
4. Disajikan salah satu simbol  titik yang terdapat
4

    pada peta, peserta didik dapat mennetukan


    arti dari simbol tersebut.


5. Disajikan gamabr skala grafis, peserta didik
5

    dapat menentukan skala angkanya.


6. Peserta didik dapat mengartikan dari simbol
6

    warna yang terdapat dalam peta.

    2. Letak dan luas wilayah Indonesia
7.    Peserta didik dapat menentukan letak astro-
7

       nomis wilayah Indonesia.


8.    Peserta didik dapat menentukan keuntungan
8

       dari letak astronomis Indonesia.


9.    Disajikan peta Asia Tenggara, peserta didik
9

       dapat menentukan negara yang berbatasan


       dengan wilayah Indonesia di Sebelah utara.


10. Peserta didik dapat menentukan keuntungan
10

       dari letak geografis wilayah Indonesia.

C. Potensi sumber daya alam dan kemariti
11. Disajikan ciri-ciri hutan, peserta didik dapat
11
    man Indonesia.
       menentukan nama  hutan.

    1. Potensi sumber daya alam
12. Disajikan gambar pohon jati , peserta didik
12

       dapat menentukan daerah penghasilnya.


13. Peserta didik dapat menentukan fungsi
13

       ekologi  hutan.


14. Peserta didik dapat menentukan daerah peng
14

       hasil batu bara di Indonesia.


15. Peserta didik dapat menentukan nama


       tambang berdasarkan proses terjadinya.


16. disebutkan salah satu nama tambang yang
15

       terdapat di Indonesia, peserta didik dapat


       menentukan manfaatnya.

    2. Potensi kemaritiman ndonesia
17. Peserta didik dapat menentukan daerah
16

       tambak bandeng di Indonesia.


18. Peserta didik dapat menentukan alasan me-
17

       ngapa terumbu karang banyak dijumpai di


       Indonesia.

D. Dinamika kependudukan Indonesia


    1. Jumlah penduduk
19. Disajikan daftar pernyataan, peserta didik
18

       dapat menentukan dampak negatif jumlah


       penduduk yang besar.

    2. Persebaran penduduk
20. Disajikan peta persebaran penduduk Indonesia
19

       peserta didik dapat menentukan pulau yang


       memiliki jumlah penduduk paling rendah.

    3. Komposisi penduduk
21. Peserta didik dapat menentukan arti dari


       jumlah penduduk usia 15 tahun dan usia di.


       atas 65 tahun jumlahnya sedikit.


22. Peserta didik dapat menentukan pengertian


       dari sex ratio

    4. Pertumbuhan dan kualitas penduduk
23. Disajikan daftar pernyataan yang berkaitan


       dengan pertumbuhan penduduk, peserta


       didik dapat menentuka akibat dari pertum


       buhan penduduk yang cepat.

    5. Keragaman etnik dan budaya
24. Disajikan gambar rumah adat, peserta didik
20

       dapat menentukan daerah asalnya.


25. Disajikan gambar pakaian adat, peserta didik
21

       dapat menentukan daerah asalnya.


26 Disajikan gambar tarian daerah, peserta didik
22

     dapat menentukan nama tarian.

E. Kondisi alam Indonesia
27. Peserta didik dapat menentukan tiga lempeng
23

       lempeng yang bertemu di wilayah Indonesia.


28. Peserta didik dapat menentukan dampak


       dari letak geologi Indonesia.

    1. Keadaan fisik wilayah
29. Peserta didik dapat menentukan dampak
24

       positif dari adanya gunung api di indonesia.


30. Peserta didik dapat menentukan salah satu
25

       ciri dari iklim tropis


31.  Disajikan peta gambar angin, peserta didik
26

       dapat menentukan nama anginnya.


32. Disajikan daftar pernyataan, pesera didik


       dapat menentukan ciri gunung berapi aktif.


33. Peserta didik dapat menentukan dampak


       negatif dari musim hujan bagi nelayan.

    2. Flora dan Fauna
34. Disajikan daftar ciri flora bagian barat dan
27

       timur wilayah Indonesia, peserta didik


        dapat menentukan karakteristik flora


       bagian barat.


35. Disajikan gambar fauna, peserta didik dapat
28

       menentukan jenis fauna berdasarkan pem-


       bagian daerahnya.


36. peserta didik dapat menentukan jenis fauna
29

       tengah atau peralihan.

F. Perubahan akibat interaksi antarruang
37. Peserta didik dapat menentukan akibat dari
30

      pemusatan aktivitas penduduk di suatu daerah







A. Interaksi Sosisl
38. Peserta didik dapat menentikan pengertian
31
    pengertian dan syarat interaksi sosial
       dari naluri gregariuosnes manusia.

    Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
39. Peserta didik dapat menentukan syarat terja
32

      dinya interaksi sosial.


40. Disajikan suatu peristiwa yang terjadi dalam


       lingkungan, peserta didik dapat menentukan


       salah satu faktor interaksi dari peristiwa


       tersebut.

    Bentuk-bentuk interaksi sosial
41. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat
33

      menentukan bentuk interaksinya.


42. Peserta didik dapat menentukan ciri interaksi


      yang bersifat Disosiatif


43. Disajikan suatu ilustrasi  sebuah peristiwa,


      peserta didik dapat menentukan bentuk


      interaksinya.

B. Pengaruh interaksi sosial terhadap pemben
44. Peserta didik dapat menentukan faktor yang
34
    tukan lembaga sosial
       mendasar terbentuknya lembaga sosial.




C. Lembaga Sosial
45. Peserta didik dapat menentukan penyebab
35
    Pengertian lembaga sosial
       manusia disebut homo economicus


46. Disajikan daftar pernyataan, peserta didik
36

       dapat menentukan syarat dari lembaga sosial


47. Disajikan sebuaah gambar, peserta didik
37

       dapat jenis norma yang terdapat dalam ter


       dapat dalam gambar.

    Jenis dan fungsi lembaga sosial
48. Peserta didik dapat menentukan fungsi afeksi
38

       dari lembaga keluarga


49. Peserta didik dapat menentukan fungsi dari
39

       lembaga politik.


50. Disajikan sebuah gambar, Peserta didik
40

       dapat menentukan jenis lembaganya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI