KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN IPS KELAS VII
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
|
A. Pengertian ruang dan interaksi antar
|
1. Peserta didik dapat menentukan pengertian
|
1
|
|
ruang.
|
tentang ruang.
|
|
|
1. Saling melengkapi
|
2. Peserta didik dapat menentukan pengertiaan
|
2
|
|
|
interaksi antarruang
|
|
|
|
3. Peserta didik dapat menentukan sebuah
|
3
|
|
|
kondisi yang
menyebabkan interaksi antarruang
|
|
|
B. Letak dan Luas wilayah Indonesia
|
|
|
|
1. Pemahaman lokasi
melalui peta
|
4. Disajikan salah satu simbol
titik yang terdapat
|
4
|
|
|
pada peta, peserta
didik dapat mennetukan
|
|
|
|
arti dari simbol
tersebut.
|
|
|
|
5. Disajikan gamabr skala grafis, peserta didik
|
5
|
|
|
dapat menentukan skala
angkanya.
|
|
|
|
6. Peserta didik dapat mengartikan dari simbol
|
6
|
|
|
warna yang terdapat
dalam peta.
|
|
|
2. Letak dan luas
wilayah Indonesia
|
7. Peserta didik dapat
menentukan letak astro-
|
7
|
|
|
nomis wilayah
Indonesia.
|
|
|
|
8. Peserta didik dapat
menentukan keuntungan
|
8
|
|
|
dari letak
astronomis Indonesia.
|
|
|
|
9. Disajikan peta Asia
Tenggara, peserta didik
|
9
|
|
|
dapat menentukan
negara yang berbatasan
|
|
|
|
dengan wilayah
Indonesia di Sebelah utara.
|
|
|
|
10. Peserta didik dapat menentukan keuntungan
|
10
|
|
|
dari letak
geografis wilayah Indonesia.
|
|
|
C. Potensi sumber daya alam dan kemariti
|
11. Disajikan ciri-ciri hutan, peserta didik dapat
|
11
|
|
man Indonesia.
|
menentukan
nama hutan.
|
|
|
1. Potensi sumber daya
alam
|
12. Disajikan gambar pohon jati , peserta didik
|
12
|
|
|
dapat menentukan
daerah penghasilnya.
|
|
|
|
13. Peserta didik dapat menentukan fungsi
|
13
|
|
|
ekologi hutan.
|
|
|
|
14. Peserta didik dapat menentukan daerah peng
|
14
|
|
|
hasil batu bara di
Indonesia.
|
|
|
|
15. Peserta didik dapat menentukan nama
|
|
|
|
tambang berdasarkan
proses terjadinya.
|
|
|
|
16. disebutkan salah satu nama tambang yang
|
15
|
|
|
terdapat di
Indonesia, peserta didik dapat
|
|
|
|
menentukan
manfaatnya.
|
|
|
2. Potensi kemaritiman
ndonesia
|
17. Peserta didik dapat menentukan daerah
|
16
|
|
|
tambak bandeng di
Indonesia.
|
|
|
|
18. Peserta didik dapat menentukan alasan me-
|
17
|
|
|
ngapa terumbu
karang banyak dijumpai di
|
|
|
|
Indonesia.
|
|
|
D. Dinamika kependudukan Indonesia
|
|
|
|
1. Jumlah penduduk
|
19. Disajikan daftar pernyataan, peserta didik
|
18
|
|
|
dapat menentukan
dampak negatif jumlah
|
|
|
|
penduduk yang
besar.
|
|
|
2. Persebaran penduduk
|
20. Disajikan peta persebaran penduduk Indonesia
|
19
|
|
|
peserta didik dapat
menentukan pulau yang
|
|
|
|
memiliki jumlah
penduduk paling rendah.
|
|
|
3. Komposisi penduduk
|
21. Peserta didik dapat menentukan arti dari
|
|
|
|
jumlah penduduk
usia 15 tahun dan usia di.
|
|
|
|
atas 65 tahun
jumlahnya sedikit.
|
|
|
|
22. Peserta didik dapat menentukan pengertian
|
|
|
|
dari sex ratio
|
|
|
4. Pertumbuhan dan
kualitas penduduk
|
23. Disajikan daftar pernyataan yang berkaitan
|
|
|
|
dengan pertumbuhan
penduduk, peserta
|
|
|
|
didik dapat
menentuka akibat dari pertum
|
|
|
|
buhan penduduk yang
cepat.
|
|
|
5. Keragaman etnik dan
budaya
|
24. Disajikan gambar rumah adat, peserta didik
|
20
|
|
|
dapat menentukan
daerah asalnya.
|
|
|
|
25. Disajikan gambar pakaian adat, peserta didik
|
21
|
|
|
dapat menentukan
daerah asalnya.
|
|
|
|
26 Disajikan gambar tarian daerah, peserta didik
|
22
|
|
|
dapat menentukan nama
tarian.
|
|
|
E. Kondisi alam Indonesia
|
27. Peserta didik dapat menentukan tiga lempeng
|
23
|
|
|
lempeng yang
bertemu di wilayah Indonesia.
|
|
|
|
28. Peserta didik dapat menentukan dampak
|
|
|
|
dari letak geologi Indonesia.
|
|
|
1. Keadaan fisik
wilayah
|
29. Peserta didik dapat menentukan dampak
|
24
|
|
|
positif dari adanya
gunung api di indonesia.
|
|
|
|
30. Peserta didik dapat menentukan salah satu
|
25
|
|
|
ciri dari iklim
tropis
|
|
|
|
31. Disajikan peta gambar
angin, peserta didik
|
26
|
|
|
dapat menentukan
nama anginnya.
|
|
|
|
32. Disajikan daftar pernyataan, pesera didik
|
|
|
|
dapat menentukan
ciri gunung berapi aktif.
|
|
|
|
33. Peserta didik dapat menentukan dampak
|
|
|
|
negatif dari musim
hujan bagi nelayan.
|
|
|
2. Flora dan Fauna
|
34. Disajikan daftar ciri flora bagian barat dan
|
27
|
|
|
timur wilayah
Indonesia, peserta didik
|
|
|
|
dapat menentukan
karakteristik flora
|
|
|
|
bagian barat.
|
|
|
|
35. Disajikan gambar fauna, peserta didik dapat
|
28
|
|
|
menentukan jenis
fauna berdasarkan pem-
|
|
|
|
bagian daerahnya.
|
|
|
|
36. peserta didik dapat menentukan jenis fauna
|
29
|
|
|
tengah atau
peralihan.
|
|
|
F. Perubahan akibat interaksi antarruang
|
37. Peserta didik dapat menentukan akibat dari
|
30
|
|
|
pemusatan aktivitas
penduduk di suatu daerah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Interaksi Sosisl
|
38. Peserta didik dapat menentikan pengertian
|
31
|
|
pengertian dan syarat
interaksi sosial
|
dari naluri gregariuosnes
manusia.
|
|
|
Interaksi Sosial dan
Lembaga Sosial
|
39. Peserta didik dapat menentukan syarat terja
|
32
|
|
|
dinya interaksi
sosial.
|
|
|
|
40. Disajikan suatu peristiwa yang terjadi dalam
|
|
|
|
lingkungan, peserta
didik dapat menentukan
|
|
|
|
salah satu faktor
interaksi dari peristiwa
|
|
|
|
tersebut.
|
|
|
Bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
41. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat
|
33
|
|
|
menentukan bentuk
interaksinya.
|
|
|
|
42. Peserta didik dapat menentukan ciri interaksi
|
|
|
|
yang bersifat
Disosiatif
|
|
|
|
43. Disajikan suatu ilustrasi
sebuah peristiwa,
|
|
|
|
peserta didik dapat
menentukan bentuk
|
|
|
|
interaksinya.
|
|
|
B. Pengaruh interaksi sosial terhadap pemben
|
44. Peserta didik dapat menentukan faktor yang
|
34
|
|
tukan lembaga sosial
|
mendasar
terbentuknya lembaga sosial.
|
|
|
|
|
|
|
C. Lembaga Sosial
|
45. Peserta didik dapat menentukan penyebab
|
35
|
|
Pengertian lembaga sosial
|
manusia disebut homo
economicus
|
|
|
|
46. Disajikan daftar pernyataan, peserta didik
|
36
|
|
|
dapat menentukan
syarat dari lembaga sosial
|
|
|
|
47. Disajikan sebuaah gambar, peserta didik
|
37
|
|
|
dapat jenis norma
yang terdapat dalam ter
|
|
|
|
dapat dalam gambar.
|
|
|
Jenis dan fungsi
lembaga sosial
|
48. Peserta didik dapat menentukan fungsi afeksi
|
38
|
|
|
dari lembaga
keluarga
|
|
|
|
49. Peserta didik dapat menentukan fungsi dari
|
39
|
|
|
lembaga politik.
|
|
|
|
50. Disajikan sebuah gambar, Peserta didik
|
40
|
|
|
dapat menentukan
jenis lembaganya.
|
|
Komentar
Posting Komentar