KISI-KISI UAS GANJIL MATA PELAJARAN IPS KELAS 8
Materi
|
Indikator
|
Nomor
soal
|
Letak geografis
|
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik
dapatmengidentifikasi pengaruh letak geografi wilayah Indonesia.
|
1
|
Letak astronomis
|
Disajikan letak astronomis Indonesia, peserta didik
dapat mengidentifikasi pengaruh letak lintang atau letak bujur bagi wilayah
Indonesia.
|
2
|
Pergantian musim di Indonesia
|
Disajikan peta arah angin muson tertentu di Indonesia,
peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi terjadinya angin
muson tersebut.
|
3
|
Persebaran jenis tanah
|
Disajikan peta
pulau tertentu di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan
pesebaran jenis tanah pada peta tersebut.
|
4
|
Flora dan fauna di Indonesia
|
Disajikan daftar nama fauna, siswa dapat menentukan
asal daerah fauna tersebut.
|
5
|
Pertumbuhan penduduk
|
Disajikan tabel jumlah penduduk beberapa propinsi di
Indonesia untuk beberapa tahun, peserta didik dapat menentukan provinsi yang
memiliki pertumbuhan penduduk paling tinggi atau paling rendah(pilih satu).
|
6
|
Kepadatan penduduk
|
Disajikan luas wilayah dan jumlah penduduk di beberapa
wilayah, peserta didik dapat menentukan daerah yang memiliki kepadatan
tertinggi atau terrendah(pilih satu).
|
7
|
Komposisi penduduk
|
Disajikan salah satu bentuk piramida penduduk, peserta
didik dapat menginterpretasi piramida penduduk tersebut.
|
8
|
Penyebab kerusakan lingkungan
|
Disajikan daftar beberapa bentuk kerusakan lingkungan,
peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab kerusakan likungan tersebut.
|
9
|
Upaya mengatasi kerusakan lingkungan
|
Disajikan gambar kerusakan lingkungan, peserta didik
dapat menentukan upaya yang tepat untuk menanggulangi kerusakan tesebut.
|
10
|
Permasalahan kependudukan di Indonesia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab
terjadinya masalah kependudukan tertentu.
|
11
|
Upaya menanggulangi permasalahan kependudukan
|
Disajikan salah satu permasalahan kependudukan di Indonesia,
peserta didik dapat dapat menentukan upaya yang tepat untuk
menanggulanginya.
|
12
|
Kebijakan pemerintah kolonial yang paling
menyengsarakan rakyat.
|
Disajikan daftar kebijakan/tindakan Herman William
Daendels siswa dapat mengidentifikasi kebijakan yang paling menyengsarakan
rakyat.
|
13
|
Kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang
ekonomi/politik
|
Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan Thomas Stamford
Raffles dalam bidang tertentu (ekonomi/politik).
|
14
|
Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang
kolonialisme Barat di berbagai daerah.
|
Siswa dapat menidentifikasi perlawanan rakyat terhadap
Portugis didaerah tertentu.
|
15
|
Sebab
kegagalan Sultan Agung Hanyakrakusuma mengusir VOC di Batavia.
|
Siswa dapat mengidentifikasi sebab kegagalan Sultan
Agung Hanyakrakusuma mengusir VOC di Batavia.
|
16
|
Tokoh
perlawanan rakyat yang karena keberaniannya oleh VOC dijuluki Ayam Jantan
dari Timur.
|
Siswa dapat mengidentifikasi tokoh perlawanan rakyat
yang karena keberaniannya oleh VOC dijuluki Ayam Jantan dari Timur.
|
17
|
Sebab
perlawanan rakyat didaerah tertentu
|
Disajikan tabel sebab-sebab perlawanan rakyat siswa
dapat mengidentifikasi sebab perlawanan rakyat didaerah tertentu
|
18
|
Perkembangan pendidikan Barat dan pendidikan Islam
terhadap munculnya nasionalisme Indon
|
Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh perkembangan
pendidikan barat terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
|
19
|
Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat
etnik, kedaerahan, keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia.
|
Siswa dapat mendeskripsikan peran organisasi Budi
Utomo dalam perkembanngan pergerakan nasional.
|
20
|
Organisasi
pergerakan bersifat tertentu (kedaerahan/keagamaan).
|
Disajikan daftar nama organisasi pergerakan nasional
siswa dapat mengidentifikasi organisasi pergerakan bersifat tertentu
(kedaerahan/keagamaan).
|
21
|
Arti
penting Konggres Pemuda I, 1928 dalam pembentukan identitas kebangsaan
|
Siswa dapat mengidentifikasi arti penting Konggres
Pemuda I, 1928 dalam pembentukan identitas kebangsaan
|
22
|
Penyimpangan sosial yang terjadi di keluarga
|
Disajikan beberapa bentuk penyimpangan sosial, peserta
didik dapat mengidentifikasi penyimpangan sosial yang terjadi di dalam
keluarga.
|
23
|
Penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat
|
Peserta didik dapat memberi contoh penyimangan sosial
yang terjadi di masyrakat.
|
24
|
Penyebab penyimpangan sosial
|
Disajikan gambar bentuk penyimpangan sosial, peserta
didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya penyipangan sosial
tersebut.
|
25
|
Bentuk penyimpangan sosial(primer dan skunder)
|
Disajikan bentuk-bentuk penyimpangan sosial, peserta
didik dapat mengidentifikasi bentuk penyimpangan sosial tertentu yang
sesuai.
|
26
|
Sifat penyimpangan sosial(positif dan negatif)
|
Peserta didik dapat memberi contoh penyimpangan sosial
yang bersifat positif atau negatif.
|
27
|
Upaya pencegahan
|
Disajikan kasus penyimpangan sosial, siswa dapat
menentukan upaya yang tepat untuk mencegah penyimpangan sosial tersebut.
|
28
|
Penyebab
terjadinya kelangkaan
|
Disajikan daftar penyebab kelangkaan, siswa dapat
menentukan penyebab kelangkaan yang tepat
|
29
|
Kebutuhan
manusia
|
Mengidentifikasi kebutuhan menurut
intensitasnya/waktunya/sifatnya
|
30
|
Alat pemenuhan kebutuhan
|
Disajikan beberapa gambar alat pemenuhan kebutuhan,
siswa dapat menunjukkan contoh barang ekonomi/bebas/produksi/konsumsi
|
31
|
Pelaku ekonomi
rumah tangga
|
Menjelaskan peranan pelaku ekonomi perusahaan/koperasi/negara
dalam meningkatkan kemakmuran rakyat
|
32
|
Masalah utama pelaku
ekonomi Rumah tangga
|
Siswa dapat mengidentifikasi masalah pokok pelaku
ekonomi rumah tangga keluarga sebagai konsumen
|
33
|
Hubungan rumah tangga perusahaan terhadap rumah tangga
keluarga sebagai konsumen dalam meningkatkan kesejahteraan
|
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan rumah tangga
keluarga sebagai konsumen dengan rumah tangga perusahaan
|
34
|
Peranan rumah
tangga perusahaan dalam pembangunan
|
Menjelaskan peranan rumah tangga perusahaan dalam
menunjang pelaksanaan pembangunan
|
35
|
Pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi
|
Disajikan daftar kegiatan yang dilakukan pemerintah,
siswa dapat mengidentifikasi kegiatan pemerintah sebagai konsumen/produsen/
distributor
|
36
|
Syarat terjadinya pasar
|
Disajikan daftar syarat terjadinya pasar, siswa dapat
menentukan syarat terjadinya pasar
|
37
|
Peranan pasar bagi masyarakat
|
Menjelaskan peranan pasar bagi produsen/bagi
masyarakat sekitar
|
38
|
Jenis pasar
|
Disajikan beberapa gambar yang berhubungan dengan
pasar, siswa dapat menentukan contoh pasar tradisioal/pasar modern
|
39
|
Perbedaan pasar abstrak dan pasar konkrit
|
Menjelaskan perbedaan pasar abstrak dan pasar konkrit
|
40
|
Komentar
Posting Komentar