KISI-KISI UAS GANJIL MATA PELAJARAN IPS KELAS 8

Materi
Indikator
Nomor soal
Letak geografis
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapatmengidentifikasi pengaruh letak geografi wilayah Indonesia.

1
Letak astronomis
Disajikan letak astronomis Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh letak lintang atau letak bujur bagi wilayah Indonesia.

2
Pergantian musim di Indonesia
Disajikan peta arah angin muson tertentu di Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi terjadinya angin muson tersebut.

3
Persebaran jenis tanah
Disajikan peta  pulau tertentu di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan pesebaran jenis tanah pada peta tersebut.
4
Flora dan fauna di Indonesia
Disajikan daftar nama fauna, siswa dapat menentukan asal daerah fauna tersebut.

5
Pertumbuhan penduduk
Disajikan tabel jumlah penduduk beberapa propinsi di Indonesia untuk beberapa tahun, peserta didik dapat menentukan provinsi yang memiliki pertumbuhan penduduk paling tinggi atau paling rendah(pilih satu).

6
Kepadatan penduduk
Disajikan luas wilayah dan jumlah penduduk di beberapa wilayah, peserta didik dapat menentukan daerah yang memiliki kepadatan tertinggi atau terrendah(pilih satu).

7
Komposisi penduduk
Disajikan salah satu bentuk piramida penduduk, peserta didik dapat menginterpretasi piramida penduduk tersebut.

8
Penyebab kerusakan lingkungan
Disajikan daftar beberapa bentuk kerusakan lingkungan, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab kerusakan likungan tersebut.

9
Upaya mengatasi kerusakan lingkungan
Disajikan gambar kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menentukan upaya yang tepat untuk menanggulangi kerusakan tesebut.

10
Permasalahan kependudukan di Indonesia
Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah kependudukan tertentu.
11
Upaya menanggulangi permasalahan kependudukan
Disajikan salah satu permasalahan kependudukan di Indonesia, peserta didik dapat dapat menentukan upaya yang tepat untuk menanggulanginya.

12
Kebijakan pemerintah kolonial yang paling menyengsarakan rakyat.

Disajikan daftar kebijakan/tindakan Herman William Daendels siswa dapat mengidentifikasi kebijakan yang paling menyengsarakan rakyat.
13
Kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang ekonomi/politik
Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan Thomas Stamford Raffles dalam bidang tertentu (ekonomi/politik).

14
Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah.

Siswa dapat menidentifikasi perlawanan rakyat terhadap Portugis didaerah tertentu.
15
Sebab kegagalan Sultan Agung Hanyakrakusuma mengusir VOC di Batavia.

Siswa dapat mengidentifikasi sebab kegagalan Sultan Agung Hanyakrakusuma mengusir VOC di Batavia.

16
Tokoh perlawanan rakyat yang karena keberaniannya oleh VOC dijuluki Ayam Jantan dari Timur.

Siswa dapat mengidentifikasi tokoh perlawanan rakyat yang karena keberaniannya oleh VOC dijuluki Ayam Jantan dari Timur.


17
Sebab perlawanan rakyat didaerah tertentu
Disajikan tabel sebab-sebab perlawanan rakyat siswa dapat mengidentifikasi sebab perlawanan rakyat didaerah tertentu

18
Perkembangan pendidikan Barat dan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indon
Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh perkembangan pendidikan barat terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
19
Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia.

Siswa dapat mendeskripsikan peran organisasi Budi Utomo dalam perkembanngan pergerakan nasional.

20
Organisasi pergerakan bersifat tertentu (kedaerahan/keagamaan).

Disajikan daftar nama organisasi pergerakan nasional siswa dapat mengidentifikasi organisasi pergerakan bersifat tertentu (kedaerahan/keagamaan).

21
Arti penting Konggres Pemuda I, 1928 dalam pembentukan identitas kebangsaan
Siswa dapat mengidentifikasi arti penting Konggres Pemuda I, 1928 dalam pembentukan identitas kebangsaan

22
Penyimpangan sosial yang terjadi di keluarga
Disajikan beberapa bentuk penyimpangan sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi penyimpangan sosial yang terjadi di dalam keluarga.

23
Penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat
Peserta didik dapat memberi contoh penyimangan sosial yang terjadi di masyrakat.

24
Penyebab penyimpangan sosial
Disajikan gambar bentuk penyimpangan sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya penyipangan sosial tersebut.

25
Bentuk penyimpangan sosial(primer dan skunder)
Disajikan bentuk-bentuk penyimpangan sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk penyimpangan sosial tertentu yang sesuai.

26
Sifat penyimpangan sosial(positif dan negatif)
Peserta didik dapat memberi contoh penyimpangan sosial yang bersifat positif atau negatif.

27
Upaya pencegahan
Disajikan kasus penyimpangan sosial, siswa dapat menentukan upaya yang tepat untuk mencegah penyimpangan sosial tersebut.

28
Penyebab terjadinya  kelangkaan
Disajikan daftar penyebab kelangkaan, siswa dapat menentukan penyebab kelangkaan yang tepat
29
Kebutuhan manusia


Mengidentifikasi kebutuhan menurut intensitasnya/waktunya/sifatnya

30
Alat pemenuhan kebutuhan

Disajikan beberapa gambar alat pemenuhan kebutuhan, siswa dapat menunjukkan contoh barang ekonomi/bebas/produksi/konsumsi

31
Pelaku  ekonomi rumah tangga

Menjelaskan peranan pelaku ekonomi perusahaan/koperasi/negara dalam meningkatkan kemakmuran rakyat

32
Masalah utama pelaku  ekonomi Rumah tangga

Siswa dapat mengidentifikasi masalah pokok pelaku ekonomi rumah tangga keluarga sebagai konsumen

33
Hubungan rumah tangga perusahaan terhadap rumah tangga keluarga sebagai konsumen dalam meningkatkan kesejahteraan
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan rumah tangga keluarga sebagai konsumen dengan rumah tangga perusahaan

34
Peranan rumah  tangga perusahaan dalam pembangunan
Menjelaskan peranan rumah tangga perusahaan dalam menunjang pelaksanaan pembangunan

35
Pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi

Disajikan daftar kegiatan yang dilakukan pemerintah, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan pemerintah sebagai konsumen/produsen/ distributor

36
Syarat terjadinya pasar


Disajikan daftar syarat terjadinya pasar, siswa dapat menentukan syarat terjadinya pasar
37
Peranan pasar bagi masyarakat
Menjelaskan peranan pasar bagi produsen/bagi masyarakat sekitar
38
Jenis pasar
Disajikan beberapa gambar yang berhubungan dengan pasar, siswa dapat menentukan contoh pasar tradisioal/pasar modern

39
Perbedaan pasar abstrak dan pasar konkrit
Menjelaskan perbedaan pasar abstrak dan pasar konkrit

40


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI