KISI-KISI UAS GANJIL MATA PELAJARAN IPS KELAS 9

Materi
Indikator
Nomor Soal
Ciri-ciri negara berkembang berdasarkan keadaan ekonomi.

Disajikan daftar pernyataan, peserta dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang di bidang ekonomi.

1
Ciri-ciri negara maju berdasarkan keadaan kependudukannya.
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara maju di bidang kependudukan.

2
Faktor penentu negara menjadi negara maju.
Peserta didik dapat menentukan faktor penentu negara menjadi negara maju.

3
Contoh negara-negara berkembang.
Disajikan tabel negara-negara, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh negara-negara berkembang.

4
Contoh negara-negara maju.

Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh negara-negara maju di kawasan tertentu

5
Masalah yang terjadi di negara maju dibidang tertentu.

Disajikan gambar-gambar tentang masalah yang dihadapi negara-negara di dunia, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar permasalahan yang terjadi di negara maju.

6
Masalah yang terjadi di negara berkembang bidang tertentu.

Disajikan daftar permasalahan yang dihadapi negara-negara di dunia, peserta didik dapat mengidenifikasi permasalahan yang dihadapi negara berkembang bidang tertentu.

7
Lokasi negara berkembang atau negara maju.
Disajikan peta kawasan tertentu, peserta didik dapat menunjukkan lokasi negara berkembang atau negara maju.

8
Negara yang termasuk negara berkembang.

Peserta didik dapat menentukan alasan negara tertentu digolongkan sebagai negara berkembang.

9
Negara yang termasuk negara maju.

Peserta didik dapat menentukan alasan negara tertentu digolongkan sebagai negara maju.

10
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan Jepang di Indonesia.

Siswa dapat mendeskripsikan faktor-faktor yanga mendorong negara Jepang terlibat dalam Perang Dunia II.

11
Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang.

Siswa dapat mendeskripsikan cara-cara yang ditempuh pemerintah pendudukan Jepang dalam mengeksploitasi tenaga manusia.

12
Bentukbentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang.

Disajikan daftar nama-nama tokoh pemimpin perlawan rakyat Indonesia terhadap Jepang siswa dapat mengidentifikasi tokoh pemimpin perlawanan didaerah tertentu.

13
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia
Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang menyebabkan konflik Indonesia dengan Belanda pada awal kemerdekaan.

14
Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia..

Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa heroik yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

15
Perjuangan diplomasi menghadapi Belanda dan peran dunia internasional dalam menyelesaikan konflik.
Disajikan hasil-hasil perundingan Indonesia-Belanda siswa dapat mengidentifikasi hasil-hasil perundingan tertentu.

16
Proses kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mendorong rakyat menuntut kembali ke bentuk NKRI.
17
Sistem demokrasi yang dianut Indonesia sehinggga pada periode 1950-an sering terjadi pergantian kabinet karena sistem demokrasi tersebut tidak cocok dengan falsafah bangsa Indonesia.
Siswa dapat mengidentifikasi sistem demokrasi yang dianut Indonesia sehinggga pada periode 1950-an sering terjadi pergantian kabinet karena sistem demokrasi tersebut tidak cocok dengan falsafah bangsa Indonesia.

18
Lembaga tertentu yang dibentuk berdasarkan hasil Pemilu 1955.

Siswa dapat mendeskripsikan lembaga tertentu yang dibentuk berdasarkan hasil Pemilu 1955.
19
Dekrit Presiden, 5 Juli 1959 dan pengaruh yang ditimbulkannya.

Siswa dapat mengidentifikasi hal yang paling pokok dari isi Dekrit Presiden, 5 Juli 1959.

20
Dampak persoalan hubungan pusat-daerah persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an.
Disajikan daftar operasi militer yang dikerahkan untuk menumpas PRRI siswa dapat mengidentifikasi operasi militer yang bertugas didaerah tetrtentu.

21
Contoh perubahan sosial budaya.

Disajikan daftar peristiwa dimasyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perubahan sosial atau budaya(pilih satu).

22
Faktor penyebab perubahan sosial budaya.
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya.

23
Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.

Disajikan gambar tentang perubahan sosial budaya, peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan sosial budaya yang sesuai.

24
Faktor penentu diterima atau ditolaknya

Disajikan daf tar pernyataan, peserta didik mengidentifikasi faktor penentu diterima atau ditolaknya pembaharuan dimasyarakat.

25
Sikap masyarakat terhadap perubahan sosial budaya
Disajikan suatu bentuk perubahan di masyarakat, peserta didik dapat menentukan sikap masyarakat tertentu terhadap perubahan tersebut.

26
Usaha untuk menghindari dampak negatif perubahan sosial budaya.
Peserta didik dapat menentukan usaha yang dilakukan oleh pihak tertentu untuk menghindari dampak negatif perubahan sosial budaya.
27
Ekses dari perubahan sosial budaya

Peserta didik dapat memberi contoh yang menyebabkan terjadinya integrasi atau  disintegrasi sosial.

28
Benda uang
Menjelaskan alasan benda uang dijadikan alat tukar pada masa kehidupan primitive manusia
29
Syarat-syarat uang
Disajikan daftar syarat suatu benda dapat dijadikan uang, siswa dapat menentukan syarat yang paling benar

30
Fungsi uang

Membedakan fungsi asli dengan fungsi turunan uang

31
Uang kartal
Disajikan gambar kwitansi/cek/giro, siswa dapat menjelaskan fungsinya

32
Nilai nominal dan nilai intrinsik

Menjelaskan perbedaan nilai nominal  dengan nilai intrinsik mata uang
33
Nilai kurs mata uang
Disajikan kurs jual dan kurs beli uang asing, siswa dapat menghitung nilai tukarnya
34
Prinsip kehatihatian Bank

Menjelaskan alasan bank menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan usahanya
35
Tugas pokok bank

Disajikan daftar tugas-tugas pokok bank, siswa dapat menunjukkan tugas pokok bank umum/Bank Sentral/BPR 
36
Produk Bank

Disajikan table produk bank, siswa dapat mementukan produk bank umum/bank sentral/bank perkreditan rakyat

37
Produk Tabungan  bank

Disajikan daftar nama-nama produk tabungan bank, siswa dapat meenentukan produk tabungan bank tertentu

38
Neraca perdagangan aktif dan pasif
Disajikan ilustrasi perbandingan data neraca perdagangan beberapa tahun terakhir, siswa dapat menentukan neraca perdagangan aktif/pasif

39
Devisa negara

Siswa dapat mengidentifikasi sumber-sumber devisa Negara/ tujuan penggunaan devisa

40


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PKn Kelas 8 Semester 2 DEMOKRASI

Materi PKN SMP Kelas IX Semester 2

Materi Kelas VIII: KONSTITUSI