KISI-KISI UAS GANJIL MATA PELAJARAN IPS KELAS 9
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Ciri-ciri negara berkembang berdasarkan keadaan
ekonomi.
|
Disajikan daftar pernyataan, peserta dapat mengidentifikasi
ciri-ciri negara berkembang di bidang ekonomi.
|
1
|
Ciri-ciri negara maju berdasarkan keadaan
kependudukannya.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara
maju di bidang kependudukan.
|
2
|
Faktor penentu negara menjadi negara maju.
|
Peserta didik dapat menentukan faktor penentu negara
menjadi negara maju.
|
3
|
Contoh negara-negara berkembang.
|
Disajikan tabel negara-negara, peserta didik dapat
mengidentifikasi contoh negara-negara berkembang.
|
4
|
Contoh negara-negara maju.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
negara-negara maju di kawasan tertentu
|
5
|
Masalah yang terjadi di negara maju dibidang tertentu.
|
Disajikan gambar-gambar tentang masalah yang dihadapi
negara-negara di dunia, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar
permasalahan yang terjadi di negara maju.
|
6
|
Masalah yang terjadi di negara berkembang bidang
tertentu.
|
Disajikan daftar permasalahan yang dihadapi
negara-negara di dunia, peserta didik dapat mengidenifikasi permasalahan yang
dihadapi negara berkembang bidang tertentu.
|
7
|
Lokasi negara berkembang atau negara maju.
|
Disajikan peta kawasan tertentu, peserta didik dapat
menunjukkan lokasi negara berkembang atau negara maju.
|
8
|
Negara yang termasuk negara berkembang.
|
Peserta didik dapat menentukan alasan negara tertentu
digolongkan sebagai negara berkembang.
|
9
|
Negara yang termasuk negara maju.
|
Peserta didik dapat menentukan alasan negara tertentu
digolongkan sebagai negara maju.
|
10
|
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan
Jepang di Indonesia.
|
Siswa dapat mendeskripsikan faktor-faktor yanga
mendorong negara Jepang terlibat dalam Perang Dunia II.
|
11
|
Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang.
|
Siswa dapat mendeskripsikan cara-cara yang ditempuh
pemerintah pendudukan Jepang dalam mengeksploitasi tenaga manusia.
|
12
|
Bentukbentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap
Jepang.
|
Disajikan daftar nama-nama tokoh pemimpin perlawan
rakyat Indonesia terhadap Jepang siswa dapat mengidentifikasi tokoh pemimpin
perlawanan didaerah tertentu.
|
13
|
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik
antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di
Indonesia
|
Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang menyebabkan
konflik Indonesia dengan Belanda pada awal kemerdekaan.
|
14
|
Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah
dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia..
|
Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa heroik yang
kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.
|
15
|
Perjuangan diplomasi menghadapi Belanda dan peran dunia
internasional dalam menyelesaikan konflik.
|
Disajikan hasil-hasil perundingan Indonesia-Belanda
siswa dapat mengidentifikasi hasil-hasil perundingan tertentu.
|
16
|
Proses kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
|
Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mendorong
rakyat menuntut kembali ke bentuk NKRI.
|
17
|
Sistem
demokrasi yang dianut Indonesia sehinggga pada periode 1950-an sering terjadi
pergantian kabinet karena sistem demokrasi tersebut tidak cocok dengan
falsafah bangsa Indonesia.
|
Siswa dapat mengidentifikasi sistem demokrasi yang
dianut Indonesia sehinggga pada periode 1950-an sering terjadi pergantian
kabinet karena sistem demokrasi tersebut tidak cocok dengan falsafah bangsa
Indonesia.
|
18
|
Lembaga
tertentu yang dibentuk berdasarkan hasil Pemilu 1955.
|
Siswa dapat mendeskripsikan lembaga tertentu yang
dibentuk berdasarkan hasil Pemilu 1955.
|
19
|
Dekrit Presiden, 5 Juli 1959 dan pengaruh yang
ditimbulkannya.
|
Siswa dapat mengidentifikasi hal yang paling pokok dari
isi Dekrit Presiden, 5 Juli 1959.
|
20
|
Dampak persoalan hubungan pusat-daerah persaingan
ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik
nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an.
|
Disajikan daftar operasi militer yang dikerahkan untuk
menumpas PRRI siswa dapat mengidentifikasi operasi militer yang bertugas
didaerah tetrtentu.
|
21
|
Contoh perubahan sosial budaya.
|
Disajikan daftar peristiwa dimasyarakat, peserta didik
dapat mengidentifikasi contoh perubahan sosial atau budaya(pilih satu).
|
22
|
Faktor penyebab perubahan sosial budaya.
|
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya.
|
23
|
Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
|
Disajikan gambar tentang perubahan sosial budaya,
peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan sosial budaya yang sesuai.
|
24
|
Faktor penentu diterima atau ditolaknya
|
Disajikan daf tar pernyataan, peserta didik
mengidentifikasi faktor penentu diterima atau ditolaknya pembaharuan
dimasyarakat.
|
25
|
Sikap masyarakat terhadap perubahan sosial budaya
|
Disajikan suatu bentuk perubahan di masyarakat, peserta
didik dapat menentukan sikap masyarakat tertentu terhadap perubahan tersebut.
|
26
|
Usaha untuk menghindari dampak negatif perubahan sosial
budaya.
|
Peserta didik dapat menentukan usaha yang dilakukan
oleh pihak tertentu untuk menghindari dampak negatif perubahan sosial budaya.
|
27
|
Ekses dari perubahan sosial budaya
|
Peserta didik dapat memberi contoh yang menyebabkan
terjadinya integrasi atau disintegrasi
sosial.
|
28
|
Benda uang
|
Menjelaskan
alasan benda uang dijadikan alat tukar pada masa kehidupan primitive manusia
|
29
|
Syarat-syarat uang
|
Disajikan daftar syarat suatu benda dapat dijadikan
uang, siswa dapat menentukan syarat yang paling benar
|
30
|
Fungsi uang
|
Membedakan
fungsi asli dengan fungsi turunan uang
|
31
|
Uang
kartal
|
Disajikan
gambar kwitansi/cek/giro, siswa dapat menjelaskan fungsinya
|
32
|
Nilai nominal
dan nilai intrinsik
|
Menjelaskan perbedaan nilai nominal dengan nilai intrinsik mata uang
|
33
|
Nilai kurs mata uang
|
Disajikan kurs jual
dan kurs beli uang asing,
siswa dapat menghitung nilai tukarnya
|
34
|
Prinsip
kehatihatian Bank
|
Menjelaskan
alasan bank menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan usahanya
|
35
|
Tugas pokok bank
|
Disajikan daftar tugas-tugas pokok bank, siswa dapat
menunjukkan tugas pokok bank umum/Bank
Sentral/BPR
|
36
|
Produk Bank
|
Disajikan
table produk bank, siswa dapat mementukan
produk bank umum/bank sentral/bank perkreditan rakyat
|
37
|
Produk
Tabungan
bank
|
Disajikan
daftar nama-nama produk tabungan bank, siswa dapat meenentukan produk
tabungan bank tertentu
|
38
|
Neraca
perdagangan aktif dan pasif
|
Disajikan ilustrasi
perbandingan data neraca perdagangan
beberapa tahun terakhir, siswa dapat menentukan neraca perdagangan
aktif/pasif
|
39
|
Devisa negara
|
Siswa dapat mengidentifikasi
sumber-sumber devisa Negara/ tujuan penggunaan devisa
|
40
|
Komentar
Posting Komentar